Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wajib Tahu! Ini 3 Fungsi NFC di Smartphone

Simak 3 fungsi Near Field Communication (NFC) di smartphone.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  11:43 WIB
Wajib Tahu! Ini 3 Fungsi NFC di Smartphone
Fitur Near Field Communication (NFC) pada smartphone - Huawei
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perkembangan teknologi, khususnya pada gadget, terus meningkat. Salah satu fitur yang dicari pengguna smartphone saat ini, yaitu NFC.

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. Istilah ini menunjukkan transmisi data bebas kontak yang menggunakan teknologi identifikasi frekuensi radio (RFID). Angka frekuensi standar di seluruh dunia pada 13,56 MHz dan menyediakan rentang transmisi dari lima hingga sepuluh sentimeter.

Pada dasarnya, sektor NFC dibagi menjadi tiga mode atau fungsi yang berbeda

Fungsi NFC di Smartphone 

1. Mode Emulasi Kartu

Ponsel cerdas Anda mengambil alih fungsi kartu bebas kontak. Dengan demikian, Anda dapat membuka, misalnya, pintu yang kompatibel dengan ponsel cerdas di hotel atau mendapatkan akses ke perusahaan Anda dan waktu masing-masing juga dicatat.

Ponsel cerdas Anda juga menggantikan kartu kredit dalam kaitannya dengan solusi pembayaran lainnya. Anda tinggal meletakkan smartphone Anda di meja kasir di reader dan transaksi keuangan diproses. 


2. Mode Pembaca atau Penulis

Menggunakan mode ini, konten chip NFC akan dapat terbaca oleh smartphone Anda. Ini dapat digunakan misalnya untuk apa yang disebut Smart Poster. Smart Poster merupakan suatu teknologi yang mengubah poster yang mulanya statis menjadi dinamis.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan menempelkan ponsel cerdas Anda ke chip yang terintegrasi ke dalam poster, halaman web seluler dibuka dan Anda dapat langsung membeli tiket ke konser yang bersangkutan atau memberikan donasi. Dengan demikian, ponsel cerdas Anda berfungsi untuk membacakan chip di aplikasi ini.

3. Mode Peer-to-Peer

Dalam mode ini, terjadi komunikasi antara dua smartphone atau tablet. Ini berarti bahwa data, kontak, dan gambar dapat ditransmisikan dari satu perangkat seluler ke perangkat seluler lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari mengadopsi teknologi komunikasi jarak dekat untuk menerima pembayaran nirsentuh di tempat penjualan Anda:

Kenyamanan dan kemudahan penggunaan

Ekspektasi konsumen terhadap kenyamanan selalu meningkat. Komunikasi jarak dekat membuat transaksi pembayaran menjadi mudah, karena konsumen seringkali hanya perlu mengangkat ponsel atau kartu NFC mereka untuk melakukan pembayaran.

Tidak seperti transaksi EMV di mana konsumen harus belajar mencelupkan, dan menunggu, Tidak heran dompet seluler yang menggunakan komunikasi jarak dekat semakin populer.

Peningkatan efisiensi operasional

NFC memungkinkan transaksi lebih cepat yang mengurangi jumlah waktu pelanggan harus menunggu dalam antrean serta waktu yang dihabiskan di register.

NFC membantu mempercepat jalur pembayaran, meningkatkan kepuasan pelanggan dengan bisnis Anda. Hal tersebut jelas sangat mewakili efisiensi operasional yang penting untuk bisnis yang mengubah volume transaksi yang tinggi saat checkout.

Kemudahan implementasi

1. Bagikan Kontak

NFC memungkinkan pengguna untuk mengirim nomor ponsel dan detail kontak ke ponsel lain tanpa harus memasukkan detail secara manual. Untuk melakukan ini, Anda dapat membuka Kontak yang ingin kamu bagikan, lalu sentuh ponsel secara bersamaan dan pilih untuk mengirim. Kontak yang kamu kirim akan disimpan ke Daftar Kontak di perangkat lain.

2. Kirim Gambar atau Video

Untuk mengirim foto atau gambar dari ponsel kamu ke perangkat lain, buka Gambar di aplikasi gambar pilihanmu, tempatkan bagian punggung perangkat bersamaan, lalu tekan Kirim/ Send ketika diminta.

3. Kirim Dokumen

Apabila kamu ingin mengirim buku online, PDF, atau dokumen lain, maka kamu dapat menggunakan Android Beam. Temukan dokumen di ponselmu, lalu buka menu Settings dan pilih Share > Android Beam. Dekatkan kedua perangkat, lalu tekan Kirim/ Send ketika diminta.

4. Bagikan Aplikasi

Kamu tidak dapat mengirim aplikasi secara langsung ke ponsel orang lain. Akan tetapi, ketika kamu membuka aplikasi dan menyentuhkan ponselmu bersamaan, kamu bisa mengarahkannya untuk membuka aplikasi Play Store sehingga mereka dapat mengunduh dan memasangnya sendiri. Jika ponsel lain sudah memiliki aplikasi yang di-install, kamu dapat membukanya dengan mengirimkannya dari ponselmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone gadget nfc
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top