Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Axiata Gencar Perkuat Jaringan di Luar Jawa dan 3T

XL Axiata gencar memperkuat jaringan telekomunikasi di Luar Jawa khususnya wilayah 3T.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 14 Februari 2022  |  23:29 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) gencar membangun infrastruktur telekomunikasi khususnya di luar Pulau Jawa untuk mendukung upaya pemerintah untuk mendorong dan meningkatkan perkembangan ekonomi digital masyarakat.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan komitmen dan upaya tersebut diwujudkan dengan terus membangun infrastruktur dan layanan telekomunikasi di berbagai wilayah di Indonesia termasuk wilayah-wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).

"Dengan begitu, diharapkan terjadi pemerataan kesempatan bagi masyarakat di berbagai wilayah untuk dapat mengakses dan menggunakan layanan telekomunikasi untuk mendukung aktivitas ekonomi yang dilakukan," ujar Ayu, panggilan akrabnya, Senin (14/2/2022).

Namun dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut, Ayu mengaku terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi, di antaranya kondisi geografis wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, wilayah pegunungan dan sebagainya.

Menurutnya, kondisi geografis dengan medan yang sulit dijangkau tersebut, memberikan dampak pada mahalnya biaya investasi, ketersediaan pasokan tenaga listrik di wilayah pelosok dan sebagainya.

"Namun begitu, kami terus berupaya mendukung sepenuhnya upaya pemerintah untuk memperluas penyediaan infrasruktur dan layanan telekomunikasi di berbagai wilayah di Indonesia baik Kawasan Barat Indonesia maupun Kawasan Timur Indonesia, yang hingga saat ini dianggap masih ada ketimpangan antara kedua wilayah tersebut," ucapnya.

Ayu memerinci, komitmen dan dukungan XL Axiata kepada pemerintah untuk membantu mengatasi ketimpangan akses tersebut diwujudkan salah satunya lewat kemitraan dengan BAKTI/pemerintah untuk membangun infratruktur di wilayah pelosok melalui skema USO (Universal Service Obligation).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mendukung pemanfaatan penyediaan Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur, dan tentunya juga pembangunan kawasan non 3T lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top