Google Chrome Ganti Logo, Pertama Kalinya dalam 8 Tahun

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Februari 2022 | 07:25 WIB
Ilustrasi browser komputer/Creative Commons
Ilustrasi browser komputer/Creative Commons
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Chrome mengubah logonya untuk pertama kalinya sejak 2014.

Elvin Hu, seorang desainer untuk Google Chrome, menawarkan pandangan pertama pada desain ulang logo di utas di Twitter, serta beberapa pemikiran di balik perubahan yang sangat halus.

Alih-alih menggabungkan bayangan pada batas antara setiap warna, pada dasarnya "menaikkan" mereka dari layar, merah, kuning, dan hijau hanya datar. Dan meskipun tidak disebutkan oleh Hu, lingkaran biru di tengah tampaknya lebih besar dan lebih tegas warnanya.

Melansir The Verge, warna pada logo memang terlihat lebih hidup (mungkin karena tim desain menghilangkan bayangan), tetapi ada perubahan lain.

Hu. Rupanya, tim desain Google "menempatkan nuansa hijau dan merah tertentu di samping satu sama lain menciptakan getaran warna yang tidak menyenangkan." Untuk memperbaikinya dan membuat ikon "lebih mudah diakses", mereka memutuskan untuk menggunakan gradien yang sangat halus.

Logo Chrome utama (yang Anda klik dari dok/bilah tugas untuk mengakses web) juga tidak akan terlihat sama di semua sistem.

Di ChromeOS, logo akan terlihat lebih berwarna untuk melengkapi ikon sistem lainnya, sedangkan di macOS, logo akan memiliki bayangan kecil, membuatnya tampak seperti "muncul" dari dok. Sedangkan versi Windows 10 dan 11 memiliki gradien yang lebih dramatis sehingga cocok dengan gaya ikon Windows lainnya. Hu mengatakan Anda akan mulai melihat ikon baru sekarang jika Anda menggunakan Chrome Canary (versi pengembang Chrome), tetapi itu akan mulai diluncurkan untuk semua orang selama beberapa bulan ke depan.

Ada juga beberapa ikon baru untuk logo Chrome versi beta dan pengembang, dengan perubahan paling dramatis adalah ikon gaya cetak biru untuk aplikasi beta di iOS. Hu juga mencatat bahwa tim desain bereksperimen dengan garis putih yang berfungsi sebagai batas antara setiap warna, tetapi menemukan bahwa ini membuat keseluruhan ikon lebih kecil, berpotensi membuatnya lebih sulit untuk dikenali di antara aplikasi Google lainnya.

Dari tahun 2008 hingga sekarang, logo Chrome semakin sederhana. Apa yang dimulai sebagai lambang tiga dimensi yang mengkilap telah diremas menjadi simbol 2D modernitas. Mungkin suatu hari saya akan mendapatkan keinginan saya dan melihat logo Chrome 2008 yang hampir nyata menghiasi desktop saya sekali lagi. Tapi tidak hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper