Punya 95 Juta Pengguna, DANA ‘Pede’ Hadapi Persaingan

Ahmad Thovan Sugandi
Jumat, 14 Januari 2022 | 16:24 WIB
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Siluet warga melakukan transaksi melalui aplikasi DANA di Jakarta, Jumat (7/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – DANA, perusahaan rintisan dompet digital, mengaku tidak khawatir dengan munculnya aplikasi pesaing yang marak beberapa waktu ke belakang. 95 juta pengguna menjadi modal DANA menghadapi persaingan di dalam negeri.

VP of Corporate Communications DANA Putri Dianita menyebut, DANA berhasil menorehkan pertumbuhan yang signifikan, baik dari segi jumlah pengguna maupun transaksi di tahun lalu.

Hingga akhir 2021, pengguna DANA tercatat mencapai 95 juta pengguna, naik hampir dua kali lipat dibandingkan dengan akhir 2020, yaitu sebanyak 50 juta pengguna.

Dia menuturkan, jumlah transaksi melalui DANA sepanjang 2021 juga meningkat 151 persen year on year, dengan rata-rata 5 juta transaksi per hari.

“Hal ini ikut mengindikasikan pertumbuhan positif DANA selama pandemic Covid-19. Berdasarkan App Annie, DANA menempati peringkat pertama untuk kategori aplikasi finansial di Indonesia pada kuartal II/2021, baik melalui perangkat iOS maupun Android. Pertumbuhan kuartalan ini mencapai lebih dari 72 persen,” ujarnya, Jumat (14/1/2022).

Menanggapi maraknya aplikasi dompet digital, Putri menjelaskan, DANA tidak memandang kehadiran penyedia pembayaran digital dari aspek persaingan. DANA, kata dia, justru melihat hal itu sebagai peluang untuk bekerja sama dan berkolaborasi agar keuangan digital semakin inklusif.

Menurutnya, DANA secara aktif bekerja sama dan berkolaborasi dengan beragam entitas, baik swasta maupun pemerintah, hingga komunitas maupun perusahaan global. Sepanjang 2021, DANA berhasil menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah, seperti Pemkot Semarang, dan Pemkot Pontianak.

Selain itu, DANA juga bekerja sama dengan Google Play, Goama, dan layanan streaming entertainment lainnya.

Yang terbaru, DANA berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan RI menjadi Lembaga Persepsi Lainnya LPL) pada sistem penerimaan negara secara elektronik untuk Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3).

“Tahun ini DANA siap menjadi pionir dalam pengimplementasian standar nasional open API Pembayaran [SNAP],” ujarnya.

Putri juga menjelaskan, DANA menjadi salah satu anggota dalam working group nasional open API, di mana DANA terlibat aktif dalam perumusan pedoman teknis dan tata kelola open API.

Oleh karena itu, DANA menjadi salah satu yang akan menerapkan SNAP bersama dengan aplikasi dan startup lainnya pada Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper