Jumlah Keluhan Pelanggan Indosat selama Nataru Turun 62 Persen

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 3 Januari 2022 | 07:16 WIB
Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada Selasa (22/6/2021)./ Indosat.
Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk (ISAT) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada Selasa (22/6/2021)./ Indosat.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah keluhan pelanggan Indosat selama momen Natal dan Tahun Baru 2021 anjlok 62 persen secara tahunan.  

Merujuk dari data tersebut, Indosat mengeklaim dapat mengantisipasi lonjakan lalu lintas data selama momen Natal dan Tahun Baru terbilang berhasil. 

SVP Head of Corporate Communication PT Indosat Tbk. (ISAT) Steve Saerang mengatakan penurunan jumlah keluhan terpantau dari peralatan dan dasbor khusus untuk pemantauan status kinerja jaringan dan pengalaman digital pelanggan 

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, Indosat berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 62 persen dibandingkan tahun sebelumnya, pada momen Nataru 2021.  

"Beberapa aktivitas peningkatan kualitas jaringan dilakukan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik," kata Steve dalam siaran pers, Senin (3/1/2022). 

Steve mengatakan pada Nataru 2021, perseoran mencatatkan peningkatan lalu lintas data (trafik) data sebesar 14 persen pada 25 Desember 2021 dan naik sebesar 24 persen pada tanggal 1 Januari 2022 dibandingkan dengan trafik hari normal.

Peningkatan lalu lintas data terjadi di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bodetabek, Cirebon, Kudus, Tasikmalaya, Tegal, Tuban, Serang, Solo, dan Sukabumi. 

Lalu lintas data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Balikpapan, Manado, dan Samarinda. 

Sementara itu, YouTube, Facebook, WhatsApp, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan selama liburan. Untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, Indosat memperluas jaringan 4G.

Bersamaan dengan perluasan jaringan, Indosat juga mengimplementasikan Command Center yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning). 

"Serta kesiapan saluran layanan pelanggan," kata Steve. 

Sebelum masa liburan, Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa area publik dan pemukiman yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik telekomunikasi, seperti tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper