Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Palapa Ring Integrasi Bisa Hadirkan Banyak Titik Interkoneksi

APJII menyebut Palapa Ring Interasi dinilai bisa hadirkan banyak titik interkoneksi agar penyedia jasa internet sebagai penggunanya bisa beroperasi secara maksimal.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  16:06 WIB
Palapa Ring Integrasi Bisa Hadirkan Banyak Titik Interkoneksi
Pekerja melakukan proses bongkar muat kabel serat optik proyek Palapa Ring Paket Timur di Depo PT. Communication Cable Systems Indonesia (CCSI), Cilegon, Banten, Selasa (5/6/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) berharap pemerintah menghadirkan titik interkoneksi yang lebih baik di proyek Palapa Ring Integrasi.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan asosiasi telah melakukan pertemuan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika membahas mengenai Palapa Ring Integrasi.

APJII berharap Palapa Ring Integrasi dapat menghadirkan titik interkoneksi yang lebih banyak, sehingga para pengguna Palapa Ring, yang merupakan anggota APJII, dapat beroperasi lebih maksimal.

Titik interkoneksi adalah titik untuk menghubungkan antar- jaringan telekomunikasi dari penyelenggara jaringan telekomunikasi yang berbeda.

"Kami berharap utilisasi total bisa mencapai 30 persen setelah Palapa Ring Integrasi selesai," kata Arif, Jumat (31/12/2021).

Dia mengatakan sejauh ini belum banyak penyedia layanan internet yang menggunakan Palapa Ring. Salah satu penyebabnya karena kurangnya titik interkoneksi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kata Arif, selain mengusulkan pembangunan jaringan tambahan, APJII juga mengajukan rencana kolaborasi dengan penyedia yang ada saat ini agar lebih mudah dalam menggunakan Palapa Ring.

“Misal swap jaringan dengan yang sudah ada, atau membuat beberapa kolaborasi dengan penyedia jaringan tulang punggung,” kata Arif.

Sebelumnya, pemerintah menjadikan pembangunan Palapa Ring Integrasi sebagai salah satu fokus pembangunan infrastruktur digital pada 2022. Kehadiran proyek senilai Rp8,6 triliun diharapkan dapat meningkatkan utilisasi Palapa Ring Eksisting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet palapa ring
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top