Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alibaba Group Targetkan Jadi Perusahaan Netral Karbon pada 2030, Ini Strateginya!

Alibaba Group Holding Limited (Alibaba Group) mengumumkan komitmen untuk mencapai netralitas karbon di segala operasinya pada 2030.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 26 Desember 2021  |  08:32 WIB
Alibaba Group Targetkan Jadi Perusahaan Netral Karbon pada 2030, Ini Strateginya!
Seorang pejalan kaki melewati logo Alibaba di China - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Alibaba Group Holding Limited (Alibaba Group) mengumumkan komitmen untuk mencapai netralitas karbon di segala operasinya pada 2030.

 

Chairman dan CEO Alibaba Group Daniel Zhang menyebutkan, untuk merealisasi target tersebut perusahaan menetapkan target Scope 3+, yakni inisiatif perdana yang bertujuan untuk memfasilitasi dekarbonisasi sebesar 1,5 gigaton di seluruh ekosistem bisnis pada 2035.

 

“Kami ingin menjadi pendorong perubahan positif dan inovatif di masyarakat. Strategi ESG (environmental, social, and corporate governance) kami didasari oleh misi untuk menjadi perusahaan baik yang terus berkarya hingga 102 tahun. Tujuan ESG ini juga merupakan landasan penting bagi perkembangan Alibaba di masa depan,” tuturnya lewat rilisnya, Minggu (26/12/2021).

 

Dia melanjutkan, perusahaan berkomitmen untuk mencapai netralitas emisi karbon Scope 1 dan 2  pada 2030 dan telah menentukan target penurunan intensitas karbon sebesar 50 persen untuk Scope 3  pada 2030, berdasarkan level dasar pada 2020.

 

Strategi lainnya, perusahaan turut bergabung dengan Science Based Targets Initiative (SBTi) dan telah menyelaraskan kerangka dan strategi dekarbonisasi komitmen Business Ambition for 1.5°C”, sebagai target penting untuk menghindari dampak serius dari perubahan iklim, sebagaimana yang dinyatakan pada Perjanjian Paris 2015.

 

Selain itu, Alibaba disebutkan akan mengadopsi pendekatan sistematis berbasis ilmiah untuk menyusun rencana dan menjalankan inisiatif dekarbonisasi.

 

“Hal tersebut meliputi pemanfaatan teknologi untuk penghematan dan efisiensi energi, mengembangkan teknologi untuk mengurangi emisi, secara aktif mengubah struktur energi dengan penggunaan progresif energi terbarukan, serta mengeksplorasi inisiatif penghapusan karbon,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perubahan iklim emisi karbon alibaba Net Zero Emission
Editor : Akbar Evandio

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top