Persiapan Nataru, Telkomsel Optimalisasi Jaringan di 471 Titik Prioritas

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 15 Desember 2021 | 15:43 WIB
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) bakal melakukan optimalisasi jaringan selama momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru.

Optimalisasi jaringan difokuskan di 471 titik Point of Interest yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah itu berkurang 79 titik dibandingkan dengan periode Nataru sebelumnya.

Point of Interest (POI) sendiri adalah titik prioritas atau tempat tujuan yang berpotensi menjadi pusat keramaian atau pusat lalu lintas (trafik) data.

POI tersebut mencakup 124 area residensial, 266 area spesial (alun-alun dan pusat perbelanjaan), 5 rumah sakit utama penanganan Covid-19, 6 tempat ibadah, serta 70 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data (payload) mengalami peningkatan sebesar 8,38 persen saat Natal, dan 15,08 persen di malam Tahun Baru 2022, dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 TB.

“Prediksi tersebut juga didorong oleh tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini,” kata Nugroho di Jakarta, Rabu (15/12).

Nugroho mengatakan telah terjadi pergeseran pemanfaatan internet oleh masyarakat untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian selama Nataru. Alhasil, sejumlah akses layanan diprediksi mengalami pertumbuhan.

Dibandingkan dengan hari biasa, kata dia akses layanan media sosial saat Nataru kali ini diprediksi tumbuh sekitar 23,42 persen, dan layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83 persen.

Kemudian, layanan streaming video meningkat 27.44 persen, layanan mobile gaming naik hingga 18,17 persen, akses browsing naik 27,92 persen, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekitar 67,29 persen.

Perubahan perilaku dari layanan komunikasi konvensional ke layanan digital juga akan terlihat pada Nataru kali ini.

“Untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 3,25 persen, dan layanan panggilan suara diproyeksi akan turun 4,5 persen,” kata Nugroho.

Dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas hingga cakupan jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan lebih dari 132.000 unit BTS 4G/LTE baru dengan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (Combat).

Telkomsel juga meningkatkan kapasitas gateway internet menjadi 7.262 Gbps, hingga memperkuat lebih dari 2.300 BTS USO berteknologi 4G/LTE di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), serta perbatasan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper