Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Ini, Ada Hujan Meteor Geminid Hingga 20 Desember 2021

Masyarakat Indonesia dapat menikmati pemandangan hujan meteor Geminid dengan kondisi langit malam yang cerah tanpa awan.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  16:33 WIB
Hujan meteor geminid akan terjadi di Indonesia mulai hari ini hingga 20 Desember. - Antara/Reuters
Hujan meteor geminid akan terjadi di Indonesia mulai hari ini hingga 20 Desember. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Sebelum 2021 berakhir, hujan meteor rutin akan hadir dan dapat terlihat langsung dari bumi, salah satunya meteor Geminid. 

Melansir dari Bisnis.com, hujan meteor Geminid berasal dari rasi bintang Gemini yang berlangsung 4-20 Desember. Pada waktu puncaknya 14 Desember, pengamat bisa menantikan 150 meteor per jam dari mulai pukul 19.58 WIB. Hujan meteor Geminid  yang berasal dari puing-puing asteroid 3200 Phaethon melaju dengan kecepatan 35 kilometer per detik.

Peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rhorom Priyatikanto menuturkan asteroid itu tergolong sebagai asteroid dekat Bumi. Rhorom juga menjelaskan intensitas hujan meteor Geminid bisa mencapai 150 meteor per jam bila diamati di lokasi yang tepat dengan kondisi yang ideal, yakni gelap dan cerah.

hujan meteor geminid hari ini desember 2021 tanggal berapa

Masyarakat Indonesia dapat menikmati pemandangan hujan meteor Geminid dengan kondisi langit malam yang cerah tanpa awan. 

Puncak dari hujan meteor ini dapat disaksikan dengan mata telanjang atau tanpa alat bantu, namun harus cermat dan sabar. 

Melansir dari lapan.go.id, hujan meteor Geminid adalah hujan meteor yang titik radian atau titik asal munculnya meteor berada di konstelasi Gemini. Hujan meteor Geminid dapat disaksikan pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Intensitas meteor disebut sebanyak 86 hingga 107 meteor per jam untuk wilayah Indonesia.

Mengingat kondisi cuaca Indonesia pada Desember sering hujan, kecil kemungkinan untuk dapat menikmati pemandangan tersebut. Solusi lain untuk melihatnya yaitu secara online melalui situs seperti Space, CosmoSapiens, hingga Virtual Telescope Project. Selamat menikmati malam Anda!

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

meteor lapan antariksa
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top