Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Langka 4 Desember 2021

Jika Anda tidak tinggal di salah satu tempat yang disebutkan di atas, berikut adalah cara Anda dapat menyaksikan acara tersebut di streaming langsung:
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Desember 2021  |  07:23 WIB
Gerhana Matahari Cincin. - BMKG
Gerhana Matahari Cincin. - BMKG

Bisnis.com  JAKARTA -  Sabtu 4 Desember 2021 akan menjadi gerhana matahari terakhir tahun ini. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, membuat bayangan di planet kita.

Penempatan ini dapat sepenuhnya atau sebagian menghalangi cahaya matahari di beberapa daerah. Agar gerhana matahari total dapat terjadi, Matahari, Bulan, dan Bumi harus berada dalam satu garis lurus. Daerah yang berada di tengah bayangan Bulan ketika mengenai Bumi akan mengalami gerhana total. Pada saat gerhana matahari, langit menjadi gelap, menyerupai waktu fajar atau senja.

Orang yang berada di jalur gerhana matahari total dapat melihat korona Matahari yang merupakan atmosfer terluar yang biasanya tertutup oleh wajah cerah Matahari. Gerhana matahari total mendatang hanya akan terlihat di Antartika atau belahan bumi Selatan.

Menurut NASA, di beberapa tempat, meski penonton tidak bisa melihat gerhana matahari total, mereka malah akan mengalami gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari sebagian terlihat ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tidak berada dalam satu garis lurus. Demikian dilansir dari News18.

Matahari akan memiliki bayangan gelap pada bagian tertentu dari permukaannya. NASA melaporkan bahwa orang-orang di beberapa bagian Saint Helena, Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich, Kepulauan Crozet, Kepulauan Falkland, Chili, Selandia Baru, dan Australia akan dapat melihat gerhana matahari sebagian pada 4 Desember.

Perlu dicatat bahwa gerhana matahari tidak boleh dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Ketika melihat gerhana matahari sebagian, seseorang harus memakai kacamata melihat matahari atau gerhana.

Namun, jika Anda tidak tinggal di salah satu tempat yang disebutkan di atas, berikut adalah cara Anda dapat menyaksikan acara tersebut di streaming langsung:

Jika langit cerah dan cuaca mendukung, gerhana matahari total dari Union Glacier, Antartika, akan disiarkan di YouTube dan di nasa.gov/live. Siaran langsung akan dimulai pada 01:30 EST (12pm IST). Bagi pemirsa India, gerhana dimulai pada pukul 12.30 WIB, puncaknya pada pukul 13.03 WIB, dan berakhir pada pukul 13.36 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa Gerhana Matahari
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top