Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Naik Kapal Kelilingi Sungai Kapuas Bisa Bayar Pakai DANA

DANA menyediakan pembayaran digital bagi wisatawan yang ingin naik kapal kelilingi Sungai Kapuas di Pontianak.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 27 November 2021  |  10:38 WIB
Karyawati beraktivitas di dekat logo Dana di Jakarta, Jumat (16/4/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawati beraktivitas di dekat logo Dana di Jakarta, Jumat (16/4/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - DANA, startup dompet digital, menyediakan pembayaran digital bagi wisatawan yang ingin menggunakan kapal wisata di Sungai Kapuas, Pontianak.

Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Agustina Samara mengatakan perusahaan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Pontianak untuk menghubungkan kapal-kapal wisata di Sungai Kapuas dengan ekosistem digital. Digitalisasi kapal wisata Sungai Kapuas ini diwujudkan dengan mengimplementasikan QRIS DANA sebagai metode pembayaran di kapal tersebut.

“Peresmian QRIS DANA di Kapal Wisata Sungai Kapuas sebagai alat pendukung pembayaran digital merupakan bentuk nyata dukungan DANA terhadap digitalisasi UMKM Kota Pontianak dalam sektor pariwisata, sekaligus pelestarian nilai kebudayaan sarana transportasi lokal," kata Agustina dalam siaran pers, Sabtu 27/11/2021).

Dia menuturkan peluncuran penggunaan QRIS DANA sebagai metode pembayaran kapal wisata Sungai Kapuas dilaksanakan di Waterfront Kota Pontianak, tepatnya di atas Kapal Perintis Utama yang merupakan kapal percontohan QRIS DANA.

Kapal Perintis Utama ini dimiliki oleh Pak Epen dan menjadi kapal wisata pertama di Sungai Kapuas. Menurut data Dinas Pariwisata Pontianak, saat ini ada sekitar 11 kapal wisata susur Sungai Kapuas dengan model dua lantai yang bisa menampung sekitar 100 wisatawan.

DANA terus berupaya untuk bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Pontianak, agar semakin banyak UMKM yang go digital.

DANA hadir secara inklusif melalui QRIS pada fitur DANA Bisnis agar pelaku UMKM di Kota Pontianak dapat melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan praktis dan nyaman.

Fitur QRIS DANA, lanjutnya, merupakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dengan pertumbuhan transaksi mencapai 267 persen pada Oktober 2021 secara year on year.

"Inisiatif ini diharapkan bisa menginspirasi kapal-kapal lain untuk go digital sehingga bisa meningkatkan usaha mereka dan mendatangkan wisatawan ke Pontianak,” ujar Syarief Saleh Alkadrie, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dompet digital
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top