GoFood Hadirkan GoFoodieland, Festival Rasa UMKM Virtual

Ahmad Thovan Sugandi
Selasa, 16 November 2021 | 23:18 WIB
Go Food Festival di Gelora Bung Karno, Jakarta./Antara
Go Food Festival di Gelora Bung Karno, Jakarta./Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - GoFood layanan pesan-antar makanan dari Gojek menghadirkan GoFoodieland, festival rasa UMKM virtual terbesar di Indonesia yang menghadirkan 30.000 mitra UMKM yang tidak hanya memanjakan pelanggan dalam menikmati ragam kuliner terbaik, tetapi juga mendorong pertumbuhan bisnis mitra UMKM.

Global Head Marketing GoFood Ichmeralda Rahman mengatakan, melalui GoFoodieland pelanggan tidak hanya dapat mengakses puluhan ribu ragam kuliner nikmat, tapi mereka juga dapat merasakan serunya menjelajah kuliner di tengah suasana festival melalui sejumlah aktivitas seru yang menghibur.

“Di GoFood, kami terus mencari cara baru untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin mengandalkan layanan pesan-antar makanan online. Di saat yang sama, kami juga mengajak masyarakat untuk turut mendukung bisnis mitra UMKM di masa pandemi," ujarnya dalam rilis pers, Selasa (16/11/2021).

Festival tersebut hadir di sembilan kota, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Medan, Bali, Palembang. GoFoodieland merupakan bagian dari gerakan #BangkitBersama untuk mendukung mitra UMKM lokal terus tumbuh di tengah pandemi dengan meningkatkan visibilitas mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Senada dengan yang disampaikan Ichmeralda Rahman, Laporan e-Conomy SEA 2021 yang dikeluarkan Google, Temasek, dan Bain Company juga menegaskan adanya peralihan gaya hidup konsumen, termasuk dalam layanan pesan antar makanan.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bawah pengguna yang telah menjadi konsumen sebelum pandemi menggunakan layanan digital rata-rata 3,6 lebih banyak sejak pandemi melanda. Selain itu, laporan yang sama juga menyatakan sebanyak 72 persen responden menilai layanan pesan-antar makanan mempermudah aktivitas sehari-hari dan 41 persen menyatakan penggunaan layanan pesan-antar makanan menjadi bagian dari rutinitasnya.

Menurut Ichmeralda beragam aktivitas dalam GoFoodieland antara lain meliputi kurasi merchant pilihan dalam Foodiecourt, pertunjukan musik dengan bintang tamu Pamungkas dan Rendy Pandugo dalam Foodie Music.

Selain itu, dia melanjitkan, masih ada review makanan bersama chef Hamzah Ghani Arifin, Gerry Girianza, dan Genki Banget dalam Foodie Review, makan malam virtual bersama artis idola dalam Foodie Star, hingga talk show seru seputar kuliner dalam Foodie Show bersama Dimas Beck dan Ncess Nabati.

Pengunjung GoFoodieland dapat menemukan lima kategori rekomendasi kuliner dari mitra UMKM yang siap dinikmati pelanggan secara aman dari rumah antara lain Rekomendasi Juara, berisi kurasi mitra UMKM pilihan yang paling banyak dipesan atau terlaris.

Kemudian, Rekomendasi Terbaru, berisi seleksi para mitra UMKM baru yang tak kalah menarik dan patut untuk dicoba. Rekomendasi Populer, berisi mitra UMKM yang banyak disukai oleh pelanggan dengan rating tinggi.

Lalu ada Rekomendasi Legenda, berisi kurasi mitra UMKM ikonik yang menjadi kebanggan lokal di setiap kota. Terakhir, Rekomendasi Viral, berisi seleksi kuliner yang lagi tren dan sedang naik daun dari mitra UMKM.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah turut mengapresiasi langkah dukungan yang dihadirkan GoFood untuk mitra UMKM melalui GoFoodieland.

“Kreativitas di tengah keterbatasan di masa pandemi tentunya menjadi angin segar bagi konsumen untuk melakukan petualangan kulinernya. Oleh karena itu, kami harap GoFoodieland berdampak positif bagi para UMKM kuliner untuk bertahan dan terus tumbuh di masa penuh tantangan ini. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong pemulihan ekonomi nasional,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper