Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Traveloka Resmi Terhubung dengan PeduliLindungi, Begini Cara Menggunakannya

Platform aplikasi super berbasis gaya hidup (lifestyle super app) Traveloka resmi mengumumkan fitur Safe Entrance dari aplikasi PeduliLindungi yang sudah bisa digunakan di aplikasi versi terbaru (v.3.42).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 November 2021  |  10:22 WIB
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan
Model menunjukan aplikasi Traveloka di Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform aplikasi super berbasis gaya hidup (lifestyle super app) Traveloka resmi mengumumkan fitur Safe Entrance dari aplikasi PeduliLindungi yang sudah bisa digunakan di aplikasi versi terbaru (v.3.42).

Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan Setiaji mengatakan, integrasi PeduliLindungi pada platform mitra, termasuk Traveloka, merupakan bagian dari upaya pemerintah memperluas penggunaan PeduliLindungi bagi keamanan dan keselamatan masyarakat.

“Aplikasi PeduliLindungi memiliki tiga fungsi utama, yaitu melakukan skrining status vaksinasi dan juga status swab test, melakukan fungsi pelacakan untuk mengetahui dengan cepat jika ada kasus positif, dan mendukung implementasi protokol kesehatan. Kami menyambut baik dan mengapresiasi dukungan dari seluruh mitra, termasuk Traveloka,” ujarnya lewat keterangan resmi, Selasa (16/11/2021).

SVP Platform Traveloka Alfonso Hartanto mengatakan bahwa kerja sama antara Traveloka dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mengintegrasikan scan QR Code PeduliLindungi di platform Traveloka, sehingga mendorong upaya penerapan protokol yang ketat guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kami berharap terhubungnya aplikasi PeduliLindungi dengan Traveloka dapat memungkinkan masyarakat dalam melakukan mobilisasi dengan mudah, aman, dan nyaman, sehingga memberikan kontribusi positif dalam mengatasi pandemi melalui pemanfaatan teknologi,” ujar Alfonso.

Fitur Safe Entrance yang terhubung dengan PeduliLindungi dapat diakses melalui kanal “Akun Saya” (My Account) atau di “Pemindai Kode QR” yang berada di Bar Pencarian Beranda (Homepage Search Bar).

Berikut mekanisme penggunaan fitur Safe Entrance yang terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi:

1. Buka aplikasi Traveloka App (pastikan sudah menggunakan versi terbaru v.3.42).

2. Gunakan pemindai kode QR yang terletak di Bar Pencarian di laman Home atau dengan mengakses laman Akun Saya (My Account).

3. Pengguna yang mengakses laman Akun Saya akan diarahkan ke laman Safe Entrance, sedangkan pengguna yang masuk dari Bar Pencarian akan diarahkan untuk melakukan scan QR code terlebih dulu.

4. Bagi yang sudah terdaftar, dapat mengklik tombol Scan QR Code tanpa perlu mengisi Nama dan NIK. Bagi yang belum terdaftar, diharuskan untuk mengisi Nama dan NIK untuk melanjutkan memindai kode QR ke fitur Safe Entrance.

5. Setelah memindai Kode QR yang tersedia di tempat publik, halaman Safe Entrance di aplikasi PeduliLindungi akan menampilkan Informasi Venue (nama venue, deskripsi venue, jumlah kerumunan, info 3M, dan fitur check-in).

6. Setelah mengklik tombol check in, aplikasi akan menampilkan informasi kelayakan pengguna untuk memasuki tempat yang dituju dengan kode warna berikut:

    - Hijau - Memenuhi syarat untuk memasuki ke tempat publik (telah menerima vaksin dosis lengkap, tidak terjangkit Covid-19 dengan hasil tes negatif).

    - Oranye - Memenuhi syarat masuk ke tempat publik (telah menerima vaksin dosis pertama, tidak terjangkit Covid-19 dengan hasil tes negatif).

    - Merah - Tidak memenuhi syarat untuk masuk ke tempat publik (hasil tes menunjukkan positif Covid-19).

    - Hitam - Tidak memenuhi syarat untuk memasuki ke tempat publik (hasil tes menunjukkan positif Covid-19, kontak dekat).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Traveloka Pedulilindungi
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top