Data Center EDGE Hadirkan Latensi Rendah dan Tekan Ongkos Konektivitas

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:49 WIB
Gedung Pangkalan Data Edge1/sumber: istimewa
Gedung Pangkalan Data Edge1/sumber: istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kehadiran pangkalan data di pusat kota memiliki keunggulan dalam memangkas ongkos konektivitas dan mendukung layanan yang membutuhkan latensi rendah. 

CEO PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE) Stephanus Oscar mengatakan perusahaan yang melakukan transformasi digital umumnya mengeluarkan biaya untuk teknologi informasi dan konektivitas. 

Biaya untuk jaringan konektivitas, sebut Oscar, sangat besar. Kehadiran EDGE1 - pangkalan data skala kecil dan sedang - di tengah kota dapat membantu perusahaan memangkas biaya konektivitas tersebut 

“Solusi konektivitas yang kaya dan latensi rendah maka bisa membantu semua perusahaan bisnis digital mengurangi biaya jaringan,” kata Oscar dalam konferensi virtual, Jumat (22/10/2021). 

Sekadar informasi, EDGE, anak perusahaan PT Indointernet Tbk. (Indonet) meluncurkan fasilitas pangkalan data pertamanya EDGE1 yang dilengkapi dengan daya 6,0 MW. 

Pangkalan data tersebut juga memiliki konfigurasi dual power (2N) untuk redundansi dan keandalan, memungkinkan konektivitas latensi rendah dan transfer data lebih cepat. 

Layanan EDGE1, klaim Oscar, juga dapat membuat pelanggan perseroan makin efisien karena dapat menghubungkan pangkalan data ke pangkalan data lainnya, pangkalan data ke komputasi awan dan ke bisnis-bisnis lainnya. 

“Dari pasokan listrik kami memiliki 2N, yang dapat menahan beban 100 persen jika salah satu mati sehingga tidak memberi dampak ke pelanggan” kata Oscar. 

Berdasarkan data Network Computing, ongkos yang dikeluarkan perusahaan saat pangkalan data mati per jamnya cukup besar. Untuk sektor penerbangan ongkos yang dikeluarkan per jam mencapai US$90.000. 

Kemudian untuk sektor telekomunikasi dan energi, ongkos per jam yang harus dikeluarkan akibat pangkalan data mati mencapai US$1,5 juta dan US$2 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper