Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi Pemain Global, Tokopedia Perkuat Kolaborasi dengan UMKM Lokal

Tokopedia memperkuat kerja sama dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal untuk memperkuat posisi mereka dalam bersaing dengan para pemain global.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 11 Oktober 2021  |  19:01 WIB
Pengguna Tokopedia bertransaksi melalui gawai di Jakarta, Senin (4/5/2020). - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Pengguna Tokopedia bertransaksi melalui gawai di Jakarta, Senin (4/5/2020). - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia memperkuat kerja sama dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal untuk memperkuat posisi mereka dalam bersaing dengan para pemain global.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan bahwa kompetisi adalah hal yang baik, karena akan melahirkan inovasi untuk mempermudah kehidupan masyarakat.

Tokopedia pun akan terus berfokus untuk go local lewat kolaborasinya bersama berbagai mitra strategis, mulai dari UMKM lokal, pemerintah daerah, hingga mitra strategis lainnya, dengan mengedepankan inisiatif Hyperlocal.

Inisiatif ini memungkinkan masyarakat menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, termasuk di tengah pandemi,” kata Chandra kepada Bisnis, Senin (11/10/2021).

Chandra menambahkan, berbagai contoh praktik inisiatif tersebut antara lain kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Tokopedia Nyam, Festival Fashion Lokal, dan lain sebagainya.

Melalui kampanye-kampanye tersebut, kata Chandara, masyarakat bisa mendapatkan produk kebutuhan sehari-hari, mulai dari sembako, makanan dan minuman, hingga fesyen dari penjual terdekat, sehingga berbelanja bisa lebih efisien.

“UMKM lokal di daerah pun punya kesempatan untuk bertumbuh,” ujar Chandra.

Di samping itu, digitalisasi pasar tradisional juga menjadi salah satu turunan dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

Berkat kerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan pemerintah daerah setempat, sejumlah pasar di berbagai daerah kini mengadopsi kanal digital untuk mempertahankan bisnis.

“Tidak ada target angka yang kami sampaikan. Kami berharap inisiatif Hyperlocal ini dapat mendorong produk UMKM lokal menjadi pilihan utama,” kata Chandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm tokopedia
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top