WhatsApp, Instagram, Facebook Down, Warganet Mengeluh di Twitter

Akbar Evandio
Selasa, 5 Oktober 2021 | 01:08 WIB
Situs web.whatsapp.com tidak bisa dibuka. /Bisnis-Muhammad Khadafi
Situs web.whatsapp.com tidak bisa dibuka. /Bisnis-Muhammad Khadafi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Aplikasi pesan singkat dan sosial media WhatsApp, Instagram, dan Facebook dilaporkan mengalami gangguan (down) sejak Senin (4/10/2021) sekitar pukul 22.46 WIB.

Dikutip melalui laman downdetector, Ketiga aplikasi tersebut mengalami gangguan di Indonesia dan di berbagai negara seperti Inggris dan Pakistan.

Alhasil, sejumlah warganet mengeluhkan tidak dapat mengirim pesan melalui WhatsApp. Adapun tagar WhatsApp menjadi trending topic dengan cuitan lebih dari 2,8 juta kali hingga berita ini diturunkan. 

Selanjutnya, tagar #Instagramdown juga mencapai lebih dari 350.000 kali dan #Facebookdown tercatat dicuitkan sebanyak 360.000 kali.

WhatsApp bukan kali pertama mengalami gangguan atau down. Berdasarkan catatan Bisnis, pada tahun ini, aplikasi pesan singkat yang telah dibeli oleh Mark ZUckenberg pada 2014 tersebut juga sempat down pada 20 Maret 2021.

Saat itu, WhatsApp juga mengalami gangguan bersama Facebook dan Instagram. Tidak ada informasi spesifik mengenai penyebab tumbangnya trio raksasa media sosial ini. Mereka hanya menyebutkan adanya kendala teknis.

Adapun pada pukul 23.16 WIB, akun Twitter @WhatsApp memberikan penjelasan. "Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!" tulis akun Twitter @WhatsApp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper