WhatsApp Down, Signal dan Telegram Kebanjiran Pengguna Baru

Amanda Kusumawardhani
Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:53 WIB
Tampilan aplikasi Signal/ Bloomberg
Tampilan aplikasi Signal/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Signal, aplikasi pesan instan yang diperkenalkan oleh Edward Snowden, mencatat lonjakan pendaftaran pengguna baru selama gangguan teknis yang menimpa Facebook, Instagram, dan WhatsApp. 

Dilansir Bloomberg, Selasa (5/10/2021), Signal menyatakan jutaan pengguna baru terpantau bergabung dengan aplikasi ini pada Senin kemarin.

Facebook mengalami gangguan teknis selama 6 jam dan merembet hingga WhatsApp dan Instagram. Ini membuat 2,7 juta pelanggannya di seluruh dunia tidak bisa mengakses ketiga aplikasi tersebut.

Gangguan teknis yang dialami Facebook membuat kompetitor layanan serupa ketiban berkah. Jaringan Twitter Inc. masih beroperasi normal ketika semua aplikasi media sosial milik Facebook down, membuat CEO Twitter Jack Dorsey mengajak pengguna media sosialnya untuk beralih ke Signal dari semua aplikasi media sosial yang dimiliki Facebook.

Signal sendiri merupakan layanan pesan yang fokus pada privasi, bahkan perusahaan ini menekankan tidak akan mengumpulkan data apapun dari pengguna meski ditekan oleh pemerintah.

Selain Signal, Telegram juga menjadi alternatif bagi pengguna WhatsApp selama aplikasi tersebut tidak bisa diakses selama 6 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper