Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Semester I/2021, Pendanaan ke Startup Lokal Capai Rp54,23 Triliun

Sektor Finansial teknologi (fintek), logistik, dan dagang el menjadi tiga sektor yang paling banyak dilirik bagi investor. Jumlah startup dan pendanaan yang mengalir ke sektor tersebut cukup deras. 
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 03 Oktober 2021  |  16:56 WIB
Semester I/2021, Pendanaan ke Startup Lokal Capai Rp54,23 Triliun
Pengelola perusahaan rintisan digital atau startup mengoperasikan program pelayanan di sebuah kantor bersama berbasis jaringan internet (Coworking space) Ngalup.Co di Malang, Jawa Timur, Senin (12/10/2020). - Antara Foto/Ari Bowo Sucipto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Scale PR, perusahaan digital PR, mencatat terdapat 104 startup Indonesia yang memperoleh pendanaan sepanjang 6 bulan pertama  2021, jumlahnya meningkat 40,5 persen dari 74 startup pada periode yang sama 2020. 

Tidak hanya itu, secara total nilai pendanaan yang diterima juga mencapai Rp54,23 triliun atau US$3,8 miliar, naik 91 persen dibandingkan total pendanaan sebesar US$2 miliar pada periode yang sama tahun lalu. 

Dalam catatannya, Scale PR juga menyebutkan sektor Finansial teknologi (fintek), logistik, dan dagang el menjadi tiga sektor yang paling banyak dilirik bagi investor. Jumlah startup dan pendanaan yang mengalir ke sektor tersebut cukup deras. 

Untuk diketahui, perusahaan logistik J&T Express berhasil memperoleh pendanaan senilai US$2 miliar atau 28,54 triliun pada April 2021. Selain J&T Express, sektor logistik lainnya yang memperoleh pendanaan tinggi yakni SiCepat Ekspres sebesar Rp2,1 triliun dan Shipper senilai Rp927 miliar.

Dari sektor dagang el, Bukalapak mengantongi pendanaan senilai Rp3,33 triliun dari perusahaan raksasa global Microsoft, perusahaan dana abadi GIC, Emtek Group, BRI Ventures, dan Mandiri Capital Indonesia.

Adapun, sektor finansial teknologi (fintek) mendominasi jumlah startup terbanyak yang mendapat pendanaan. Setidaknya 30 fintek memperoleh pendanaan dengan total lebih dari Rp9 triliun.  

Pada sektor fintech, Bibit dan Ajaib menjadi dua platform investasi yang menempati posisi puncak pendanaan, masing-masing mengantongi pendanaan senilai US$95 juta  dan US$90 juta. 

Sementara Xendit, fintek yang mendukung infrastruktur pembayaran, memperoleh pendanaan senilai US$64,6 juta untuk putaran Seri B pada kuartal I/2021. 

Pada kuartal II/2021, para investor juga melirik sektor dagang el di Indonesia, dimana sektor ini memperoleh total pendanaan mencapai hampir senilai US$600 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi StartUp pendanaan
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top