Komputasi Awan Jadi Kunci Pacu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 8 September 2021 | 06:37 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Digitalisasi UMKM menjadi salah satu agenda yang sering digaungkan pada masa pandemi ini. Salah satu katalisnya adalah melalui perusahaan rintisan yang memberdayakan teknologi komputasi awan.

Country Leader Indonesia AWS Gunawan Susanto memprediksi ekonomi Indonesia bisa melesat menjadi ekonomi terbesar ketujuh di dunia pada 2030 dengan ekonomi digital.

“Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia 2020 itu lebih dari 10 persen, dan kontribusinya kalau tidak salah mencapai 18 persen dari PDB,” ujarnya secara virtual pada acara bertajuk mengoptimalkan Kontribusi Startup Sebagai Enabler Digitalisasi UMKM/Bisnis Rumahan Melalui Pendayagunaan Cloud dari AWS, Selasa (7/9/2021).

Gunawan menyebutkan terhitung sejak Juni 2021, sudah ada 12 juta UMKM yang go digital. Maka, target pemerintah untuk mendigitalisasi 30 juta UMKM di 2024 dengan kecepatan pertumbuhan saat ini seharusnya bisa terwujud.

Amazon Web Services menyatakan kerja sama dan dukungan kepada startup lokal menggunakan teknologi cloud akan memberikan kekuatan bagi para startup Tanah Air.

Dengan begitu, para startup bisa meluncurkan dan mengembangkan ide bisnis baru. Tak hanya itu, digitalisasi akan mentransformasi industrinya di Indonesia dan tentunya secara tidak langsung akan berkontribusi pada ekonomi digital di Indonesia.

“Dengan mendukung startup, secara tidak langsung akan membantu untuk memberikan solusi bisnis di Indonesia. Terutama bisnis yang masuh tradisioanl sehingga dapat berinovasi dengan adanya teknologi,” tutup Gunawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper