Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Mandiri dan Bank BRI Investasi ke Startup Ini, Ada Apa?

Ayoconnect menjadi satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang mendapat investasi dari dua bank terbesar di Indonesia.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 02 September 2021  |  07:03 WIB
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr
Ilustrasi teknologi finansial - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA – Ayoconnect, platform API keuangan, memperoleh pendanaan Pra-Seri B senilai US$10 juta (Rp143 miliar) yang berasal dari sejumlah investor strategis, salah satunya Mandiri Capital Indonesia (MCI). 

Bank BRI juga tercatat sebagai salah satu investor Ayoconnect. Pendanaan diberikan karena kesamaan visi dan ambisi dalam menumbuhkan open banking di Tanah Air. 

Co-Founder dan CEO Ayoconnect Jakob Rost mengatakan Ayoconnect menjadi satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang mendapat investasi dari dua bank terbesar di Indonesia, yaitu Bank Mandiri dan Bank BRI secara sekaligus. 

Kehadiran mereka sebagai investor merupakan sokongan besar dalam upaya Ayoconnect membangun lapisan infrastruktur yang memungkinkan interoperabilitas antara berbagai perusahaan Indonesia penyedia jasa keuangan, seperti institusi keuangan, fintech, dan perusahaan rintisan (startup)

“Melalui API, Ayoconnect akan terus berkontribusi terhadap upaya pemerintah untuk memenuhi target 90 persen inklusi keuangan pada 2024,” kata Jacob dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (1/9/2021). 

Sementara itu, CEO Mandiri Capital Indonesia (MCI) Eddi Danusaputro mengatakan kemitraan yang terjalin dengan Ayoconnect sebagai kerja sama yang saling menguntungkan dalam sektor Open Finance dan Open Banking di Indonesia. 

“MCI sangat antusias dalam menjalin kemitraan bersama Ayoconnect seiring dengan kesamaan ambisi dan visi kami untuk menumbuhkan sektor Open Banking di Tanah Air,” kata Eddi.

Eddi mengatakan visi Ayoconnect untuk mendemokratisasi Open Finance di Indonesia telah memantapkan MCI untuk mengambil peran dalam investasi putaran ini. 

Kepercayaan MCI terhadap Ayoconnect juga terbentuk dari pengalaman panjang Ayoconnect dalam membangun API dan kemampuan mereka dalam menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan terkemuka. 

“Serta upaya berkesinambungan mereka dalam memasuki segmen bisnis Open Banking,” kata Eddi.

Sekadar informasi, API (Application Programming Interface - antarmuka pemrograman aplikasi) merupakan software perantara yang memungkinkan beberapa aplikasi atau institusi untuk terhubung dan berbicara satu sama lain. 

Dalam hal ini, Ayoconnect menghubungkan informasi finansial dari sejumlah titik pengumpulan data sehingga mitranya dapat fokus melayani konsumen mereka sekaligus menghadirkan layanan yang inklusif bagi jutaan warga Indonesia. 

Proses yang dilakukan Ayoconnect memiliki peran penting dalam mendorong perluasan akses terhadap berbagai produk keuangan di Indonesia di mana tingkat populasi unbanked dan underbanked masih relatif tinggi, terutama di wilayah non perkotaan.

Saat ini, Ayoconnect telah memiliki lebih dari 100 klien API yang mencakup perusahaan terkemuka di Indonesia seperti Bank BRI, Bank Mandiri, DANA, Indomaret, Bukalapak, Home Credit, dan Pegadaian, sekaligus menghubungkan lebih dari 1.000 perusahaan lewat jaringan API yang dimiliki Ayoconnect.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp mandiri capital indonesia
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top