Bumi Sudah Alami Deforestasi, Salah Satu Buktinya Ada di Indonesia

Jessica Gabriela Soehandoko
Rabu, 4 Agustus 2021 | 17:29 WIB
Amazon
Amazon
Bagikan

3Amazon dan Madagaskar

5. Amazon, Bolivia

Sejak tahun 2000, Bolivia telah kehilangan 9,5 persen pepohonan, yakni sekitar 6,1 juta hektar dan 2,6 gigaton emisi CO2. Selain itu di Di Santa Cruz, area luas hutan kering tropis telah dibuka untuk penggunaan pertanian.

6. Amazon, Brasil

Hutan hujan Amazon, merupakan hutan hujan terbesar di Bumi dan rumah bagi 10 persen dari semua spesies tumbuhan dan hewan. Hutan hujan adalah bagian dari Bioma Amazon yang memiliki luas 6,7 juta km persegi dan melintasi 8 negara. Lebih dari 18 persen hutan hujan Amazon yang ditemukan di Brasil telah hilang selama 40 tahun terakhir.

7. Afrika Timur, Madagaskar

Hutan di seluruh Madagaskar timur mengalami deforestasi untuk pembangunan pertanian selama bertahun-tahun. Madagaskar juga telah kehilangan 24 persen dari pepohonan.

Salah satu penyebab utama deforestasi di Madagaskar adalah pertanian "tebang dan bakar" yang dikenal sebagai ladang berpindah, namun melibatkan penebangan hutan yang luas dan pembakaran pohon-pohon yang tumbang. Tujuan sistem ini dilakukan, yakni untuk memasukkan biomassa pohon ke dalam tanah, sehingga meningkatkan kesuburan tanah untuk kepentingan tanaman pertanian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper