Spesifikasi Laptop Merah Putih Buat Pelajar Cuma Setara Chromebook Rp4 Juta-an

Muhammad Khadafi
Jumat, 30 Juli 2021 | 19:24 WIB
Ilustrasi Chromebook. /Acer.com
Ilustrasi Chromebook. /Acer.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Harga dan spesifikasi laptop Merah Putih untuk pelajar menjadi sorotan. Biaya pengadaan laptop lokal yang digadang-gadang pemerintah itu dinilai terlalu berlebihan. 

"Bener2 emosi memuncak melihat "Laptop merah putih" seharga 10 juta yang akan dibeli pemerintah, ternyata hanya spesifikasi Chrome Book. Bahkan sebuah chrome Book Baru harganya Gak sampe 5 juta. Gede amat selisih harganya!!" tulis akun @rasjawa, Jumat (30/7/2021).

 

Harga laptop Merah Putih menjadi persoalan usai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan bahwa pemerintah akan mengalokasikan dana senilai Rp2,4 triliun untuk membeli 240.000 laptop produk dalam negeri (PDN). Dari pernyataan tersebut, artinya biaya pengadaan satu unit laptop tersebut sekitar Rp10 juta. 

Hal itu kemudian menjadi ganjil lantaran spesifikasi minimal laptop yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021 terbilang rendah atau dengan kata lain tidak memiliki nilai Rp10 juta. 

Berikut spesifikasi minimal laptop dalam aturan tersebut:

Tipe prosesor core: 2 frekuensi: > 1,1 GHz, Cache: 1 M
Memori standar terpasang: 4 GB DDR4
Hard drive: 32 GB
USB port: dilengkapi dengan USB 3.0
Networking: WLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n)
Tipe grafis: High Definition (HD) integrated
Audio: integrated
Monitor: 11 inch LED
Daya/power: maksimum 50 watt
Operating system: chrome OS
Device management: ready to activated chrome education upgrade (harus diaktivasi setelah penyedia ditetapkan menjadi pemenang)
Masa Garansi: 1 tahun.

Melihat spesifikasinya, laptop pelajar yang akan sediakan oleh pemerintah itu berjenis Chromebook. Ada beberapa merek yang memiliki tipe serupa dan memiliki harga jual kurang dari Rp5 juta.

Berdasarkan penelusuran Bisnis, Chromebook yang memiliki spesifikasi serupa dengan laptop pelajar adalah Dell Chromebook 3100 Education yang memiliki harga pasaran sekitar Rp4,7 juta. 

Laptop tersebut dilengkapi dengan prosesor Intel Celeron N4020 Dual Core, memori 4GB LPD DDR4 2400 MHz denga kapasitas penyimpanan 32GB eMMc, Networking Dual Band Wifi dan Bluetooth 5.0. 

Dell juga melengkapinya dengan layar ukuran 11,6 inci, 4 port USB, 2 port Type C dan dua port USB 3.1 dan garansi 1 tahun.

Selain Dell, juga ada Asus, HP, dan Lenovo yang memiliki laptop berjenis Chromebook. Mereka melego laptop Chromebook dengan spesifikasi serupa laptop pelajar dengan harga sekitar Rp4 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Muhammad Khadafi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper