Selain Asteroid Raksasa, Hari Ini Juga Ada Fenomena Fase Bulan Purnama

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 24 Juli 2021 | 09:19 WIB
ilustrasi
ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, ada fenomena fase bulan purnama yang terjadi pada pukul 09.46 WIB.

Mengutip Lapan, fase bulan purnama atau disebut juga fase oposisi solar bulan, adalah konfigurasi ketika bulan terletak membelakangi matahari dan segaris dengan bumi dan matahari.

Mengingat orbit bulan yang membentuk sudut 5.1 terhadap ekliptika, bukan tidak selalu memasuki bayangan bumi ketika fase bulan purnama, sehingga setiap fase bulan purnama tidak selalu beriringan dengan gerhana bulan.

Fase bulan purnama di bulan Juli ini terjadi pada 24 Juli 2021 pukul 09.36 WIB atau 10.36 WITA dengan jarak 364.546 km dari bumi (geosentrik) dan terletak di konstelasi Capricornus.

Bulan purnama dapat disaksikan selama dua hari berturut-turut yakni pada malam sebelumnya, 23 Juli 2021 sebelum matahari terbenam matahari dari arah Timur Tenggara kemudian berkulminiasi keesokan harinya 24 Juli sebelum tengah malam dari arah selatan dan terbenam sebelum terbit matahari di arah barat daya.

Selain itu, bulan purnama dapat disaksikan pada 24 Juli malam hari setelah terbenam matahari dari arah timur tenggara, kemudian berkulminasi keesokan harinya 25 Juli sebelum tengah malam di arah selatan dan terbenam sebelum terbit matahari di barat-barat daya.

Dalam almanac petani AS, purnama yang terjadi di Bulan Juli disebut juga purnama Rusa dikarenakana tanduk mulai tumbu dari dahi rusa ketika bulan Juli.

Purnama ini juga memiliki nama lain diantaranya Purnnaa Guntur, dikarenakan sering terjadi Guntur di AS pada Bulan Juli.

Purnama Jerami dikarenakan peternak di Inggris bersiap mengumpulkan jerami sebagai pakan ternam kerema, dan Purnama Wort karena di bulan Juli malt (bahan dasar pembuatan bir) milai direndam ke dalam air sebelum difermentasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper