Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OPPO Bocorkan Fitur Reno6, Ponsel dengan Fitur Bokeh Sinematik

Simak bocoran fitur Oppo Reno6.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 Juli 2021  |  16:50 WIB
Logo Oppo.  - oppo.com
Logo Oppo. - oppo.com

Bisnis.com, JAKARTA — OPPO Indonesia kembali membocorkan fitur lainnya yang akan disematkan pada ponsel pintar (smartphone) terbaru mereka, OPPO Reno6 yang segera hadir di pasar Indonesia.
 
Public Relation Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto mengatakan salah satu fitur yang akan dibawa di ponsel kelas mid-range tersebut adalah fotografi komputasional (computational photography).

Menurutnya, fotografi komputasional memungkinkan produsen ponsel pintar untuk memecahkan batasan perangkat keras dengan memaksimalkan kemampuan algoritma kecerdasan buatan dan komputasi yang diproses oleh prosesor khusus seperti ISP (Image Signaling Processor).

“Batasan ini berhasil ditembus OPPO dengan menghasilkan komputasional tidak hanya dalam fotografi namun ke ranah videografi. Reno6, menjadikan seri smartphone pertama yang mencapai bokeh sinematik menggunakan teknik fotografi komputasi,” ujarnya lewat konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan gawai ini turut disematkan fitur Bokeh Flare Portrait Video yang diklaim bisa menghasilkan hasil fotografi memukau dengan satu tombol tanpa perlu peralatan, tim, ataupun editor profesional.

Dia mengatakan, saat pengguna menekan tombol Bokeh Flare Portrait Video, Oppo Reno6 mulai menggunakan kecerdasan buatan (AI) deep learning untuk melakukan pemahaman frame-by-frame dari video untuk membedakan secara akurat antara subjek video dan latar belakang.

Untuk diketahui, Deep Learning merupakan salah satu metode implementasi dari pembelajaran mesin yang bertujuan untuk meniru cara kerja otak manusia dengan menggunakan artificial neural network atau jaringan nalar buatan. Teknologi ini dapat meningkatkan semua bagian kecerdasan buatan, mulai dari pemrosesan bahasa alami hingga machine vision.

“Sistem ini dapat melakukan segmentasi subjek manusia dengan akurat dan real-time 360 derajat. Setelah segmentasi, rendering pengoptimalan tingkat piksel dilakukan untuk subjek dan gambar latar belakang,” katanya.

Dia melanjutkan  pada gambar subjek, pemrosesan warna dan kecerahan khusus dilakukan pada tingkatan piksel untuk mempertahankan warna asli gambar sambil mengoptimalkannya.

Pada saat yang sama, teknik visi komputasi digunakan untuk melakukan pemburaman latar belakang, peningkatan saturasi, dan penyesuaian warna pada lingkaran cahaya pada gambar latar belakang.

Oppo Reno6 memiliki kemampuan untuk mendekati jenis efek bokeh yang dicapai dengan lensa kamera aperture besar kamera DSLR untuk meniru efek bokeh, ukuran, kecerahan, dan lingkaran bokeh pada setiap cahaya dalam video yang ditentukan berdasarkan pemahaman AI.

Selama proses perekaman, ukuran dan kecerahan lampu bokeh akan berubah berdasarkan pergerakan kamera dan perubahan kedalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone gadget oppo
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top