Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indosat dan XL Berlomba Genjot Jumlah Pelanggan

Kedua operator seluler tersebut gencar menelurkan inovasi untuk menggenjot jumlah pelanggannya.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 06 Juni 2021  |  19:15 WIB
Sejumlah remaja menggunakan ponsel saat berkomunikasi di Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/4/2020). - ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Sejumlah remaja menggunakan ponsel saat berkomunikasi di Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/4/2020). - ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) berupaya meningkatkan jumlah pelanggan dengan memperkuat kolaborasi dan inovasi pada kuartal II/2021. 

Indosat belum lama menjalin kerja sama strategis dengan PT Erajaya Swasembada Tbk. Kerja sama tersebut membuat masyarakat semakin mudah untuk memperoleh produk-produk Indosat melalui konsep Shop in Shop (SIS) yang dihadirkan kedua perusahaan. 

Senior Vice President Corporate Communications Indosat Steve Saerang mengatakan kolaborasi menjadi kunci perluasan layanan khususnya di masa pandemi. 

Perseroan terus berupaya memperluas saluran penjualannya baik tradisional, modern outlet dan kanal daring, untuk melayani pelanggan yang ada saat ini sekaligus meraup pelanggan baru. 

“Ke depan berbagai kolaborasi dengan mitra digital juga akan terus dijajaki, dengan fokus memberikan layanan lengkap berkualitas kepada pelanggan,” kata Steve kepada Bisnis, Minggu (6/6/2021). 

Sekadar informasi, pada 2020 Indosat telah melayani 60,3 juta pelanggan, bertambah sekitar 1 juta pelanggan dibandingkan dengan 2019.

Pertumbuhan pelanggan tersebut diimbangi dengan peningkatan rata-rata pendapatan (ARPU). Tercatat pada ARPU gabungan Indosat pada 2020 senilai Rp32,600, naik sekitar Rp4.700 dibandingkan dengan 2019. 

Sementara itu, Vice President Director Erajaya Joy Wahjudi mengatakan melalui sinergi ini, kedua perusahaan akan menghadirkan solusi telekomunikasi digital kepada masyarakat. 

Hadirnya konsep ini akan mempermudah pelanggan mendapatkan informasi, layanan, dan pembelian produk Indosat di lokasi gerai Erafone. 

“Ini selaras dengan komitmen kami untuk menghadirkan konsep ritel yang memiliki penawaran produk dengan ekosistem yang berkesinambungan serta di bangun dengan fondasi smart retail,“ kata Wahyjudi. 

Dalam kesempatan yang berbeda,  XL Axiata meluncurkan produk konvergensi pertama di Indonesia bernama XL Satu Fiber. Produk ini memungkinkan pelanggan memperoleh dua layanan - yaitu layanan seluler dan internet tetap - hanya dengan membayar satu kali. 

Direktur & Chief Commercial Officer – Home and Enterprise XL Axiata, Abhijit Navalekar mengatakan dengan layanan konvergensi, memungkinkan XL Axiata untuk mengadopsi model bisnis baru, menawarkan layanan inovatif, dan memasuki pasar baru. 

Produk tersebut membuat peluang XL untuk meningkatkan jumlah pelanggan layanan internet rumah dan internet bergerak makin terbuka. 

“XL berharap XL SATU Fiber  bisa ikut mendorong pertumbuhan pelanggan layanan XL HOME yang berbasis serat optik,” kata Navelekar.  

Saat ini, sudah ada lebih dari 110.000 rumah yang telah menjadi pelanggan layanan internet tetap XL Home. 

Serat optik XL Home telah membentang di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Banjarbaru, Medan, Palembang, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi indosat
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top