Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Review Oppo Enco Buds: Ringan, Ringkas, Baterai Awet

Oppo merilis True Wireless Stereo bernama Oppo Enco X yang diklaim memiliki baterai yang tahan lama, kedap suara, dan jernih untuk berkomunikasi.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 05 Juni 2021  |  16:50 WIB
Call Noise Cancellation Cerdas bekerja. -  Dok. Oppo
Call Noise Cancellation Cerdas bekerja. - Dok. Oppo

Bisnis.com, JAKARTA - Oppo terus berupaya memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat. Terbaru, setelah memperkenalkan True Wireless Stereo (TWS) Oppo Enco X, perusahaan teknologi asal China itu memperkenalkan Oppo Enco Buds ke pasar Indonesia. Apa keunggulannya?

Bisnis.com mendapat kesempatan untuk mencoba perangkat tersebut. Kesan pertamanya adalah baterai tahan lama, kedap suara dan jernih saat berkomunikasi dengan seseorang lewat layanan seluler. Perangkat ini juga ini nyaman di telinga. Berikut sejumlah keunggulan Oppo Enco Buds lainnya:

Bentuk
Dari segi bentuk, Oppo Enco Buds ringkas dan menempel kuat di telinga. Penulis mencoba menggunakan perangkat ini untuk berolahraga lari dan perangkat ini tidak jatuh. Beratnya hanya 4 gram, memiliki bantalan silikon, ringan dan sangat nyaman saat digunakan. Untuk berat tempat penyimpanannya adalah 37 gram, kecil dan muat jika ingin dimasukan ke pouch.

Tidak hanya itu, Oppo Enco Buds ternyata juga memiliki IP54 tahan debu dan air. Keringat dari aktvitas olahraga berat, tidak akan membuat perangkat ini jadi cepat rusak.

Kontrol Ringkas
Oppo Enco Buds mudah digunakan. Dari sisi koneksi, saat tempat Oppo Enco Buds terbuka, secara otomat, bakal terhubung dengan bluetooth perangkat gawai. Tidak perlu mengutak-atik earbud.

Kontrol sentuh Oppo Enco Buds alami dan sederhana. Ketuk sekali untuk menjeda musik. Ketuk dua kali untuk mngganti lagu dan mengakhiri panggilan. Ketuk tiga kali untuk aktifkan mode gim dan tahan lama untuk volume suara.

Fitur Model Gim
Mengenai fitur ini. Oppo menyampaikan bahwa TWS barunya itu memiliki latensi super rendah - yaitu 80milidetik. Kelebihan tersebut membuat Oppo Enco Buds dapat mengantarkan suara di gim gawai ke telinga pendengar dalam waktu nyata.

Ketika Oppo Enco Buds ditekan sebanyak tiga kali, mode gim bakal aktif. Penulis mencoba fitur tersebut. Hasilnya cukup memuaskan bagi penulis yang hanya pemain gim biasa. Saat bermain gim Bullet Echo misalnya, suara tembakan yang didengar telinga penulis, waktunya mirip dengan yang terjadi di gim.

Untuk nonton video seperti YouTube, gerakan mulut dan bibir tidak berbeda. Nyaman untuk menonton film-film pendek.

Daya Tahan Baterai
Oppo Enco Buds memiliki daya tahan baterai yang tangguh dan tahan lama. Hanya dengan mengisi baterai selama 15 menit, penulis dapat mendengarkan musik hingga 1 jam. Oppo mengeklaim pengguna bisa mendengarkan musik selama 6 jam tanpa berhenti hanya dengan sekali pengisian daya sebesar 50 persen.

Adapun jika penggunaan wadah pengisi daya, daya tahan baterai bisa mencapai 24 jam. Oppo Enco Buds memiliki kapasitas 40mAh dan 400mAh untuk kotak pengisian daya.

Suara
Penulis merasakan suara yang dihasilkan bagus. Bersih. Untuk mendengar lagu pop dan rock sangat jelas. Oppo menyebut bahwa Oppo Enco Buds telah dilengkapi dengan driver dinamis 8mm yag dirancang untuk menyalurkan pengkodean audio AAC terbaru, sehingga musik terdengar secara utuh.

Oppo juga melengkapi TWS baru ini dengan Call Noise Cancellation Cerdas. Teknologi ini membuat percakapan yang dijalin antara penelpon dengan penerima telpon sangat jelas. Bagi penulis, ini fitur yang paling bermanfaat. Tuntutan untuk menghubungi narasumber dalam berbagai medan, terbantu dengan terobosan ini. Jarak gawai dengan perangkat nirkabel ini adal 10 meter. Artinya, jika lebih dari 10 meter, gawai atau hape kamu tidak bisa terhubung dengan Oppo Enco Buds.

Kesimpulan
Secara umum Oppo Enco Buds menghadirkan beragam fitur yang mendukung untuk seluruh aktivitas mulai dari berolahraga, hiburan hingga bekerja. Bentuk ringkas dan ringan. Nyaman di telinga. Adapun untuk harga, Oppo membanderol perangkat ini seharga Rp600.000.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget oppo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top