Desain Futuristik OPPO Find X3 Pro 5G Terinspirasi Luar Angkasa

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 2 Juni 2021 | 09:36 WIB
Oppo Futuristik
Oppo Futuristik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - OPPO mengimplementasikan konsep alam semesta ini dan menembus batasan teknologi dengan menghadirkan OPPO Find X3 Pro 5G.

OPPO Find X3 Pro 5G berdesain ramping dan memiliki layar kaca kurva mulus dengan 2.000 titik kontrol yang terpasang pada bodinya.

Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia menjelaskan, OPPO Find X3 Pro 5G dirancang khusus untuk memvisualisasikan estetika futuristik, perangkat ini memiliki kaca layar berbentuk melengkung organik yang menjadikannya sebuah perangkat dengan desain inovatif dan nyaman digenggam.

"OPPO Find X3 Pro 5G adalah mahakarya yang terbuat dari sepotong kaca berbentuk kurva mulus nan cantik yang terinspirasi dari tema luar angkasa. Bagian yang terbaik adalah kaca melengkung dan mengelilingi kamera ganda pada perangkat yang disebut sebagai Gradient Arc, sebuah desain unutuk menciptakan tampilan yang belum pernah ada sebelumnya.” ujarnya dikutip dari keterangan tertulis.

Meskipun memiliki keindahan minimalis yang tampak sederhana, perangkat ini sesungguhnya memiliki rancangan yang kompleks. Sebelum merancang perangkat, desainer OPPO terlebih dahulu membuat sketsa kurva dan busur cembung yang terdapat pada bagian kiri dan atas holder kamera, serta bagian bawah dan kanannya. Area atas, dijuluki 'permukaan matahari', menawarkan transisi yang mulus, sedangkan sebaliknya, area bayangan membentuk transisi yang mulus dari bagian belakang ponsel yang datar itu sendiri.

Namun, bentuk kurva yang mengelilingi kamera ini tidak dapat digambar dengan software menggambar biasa. Ibarat berjabat tangan tiga orang pada waktu yang sama, tidak mungkin menciptakan desain dan kreasi ini dengan pola pikir tradisional. Apabila hanya bergantung pada metode tradisional, kurva yang dihasilkan tidak akan memiliki bentuk yang seragam dengan ukuran lengkungan yang tidak sama. Apabila dipaksakan, permukaan belakang OPPO Find X3 Pro 5G ini akan menghasilkan pantulan cahaya berantakan.

Untuk merancang dan menciptakan bentuk kurva yang sempurna pada bagian kaca belakang perangkat, desainer OPPO menerapkan proses “UV point mapping” dengan memproyeksikan gambar 2D ke permukaan 3D. Para desainer kemudian menciptakan rancangan 3D kurva yang memiliki lebih dari 2.000 titik individu yang disesuaikan sedemikian rupa untuk menghasilkan bentuk kurva dengan tingkat presisi yang luar biasa.

Mengukur kurva dengan tepat menjadi tantangan utama. Mengukur minute defect dan distortion pada bentuk kurva dengan detil mikroskopis bukanlah sesuatu yang mudah dan penuh dengan berbagai rintangan. Dengan menggunakan metode teknologi canggih yang digunakan dalam industri otomotif mobil yang disebut sebagai zebra analysis detection method, OPPO mampu memproyeksikan garis lengkungan yang akurat pada bagian kaca perangkat untuk menciptakan permukaan yang sangat halus.

Apabila garis permukaan tidak rata, bagian belakang perangkat tentunya tidak akan menghasilkan pantulan cahaya sempurna sebagaimana yang diharapkan. Dengan teliti memperhatikan seluruh garis rancangan ini, OPPO berhasil menciptakan kurva halus yang sempurna hingga pada tingkat milimeter. Teknik kompleks seperti ini juga menghadirkan tantangan lebih lanjut. Metode pembuatan kaca hot-forge konvensional tidak akan mampu menghasilkan kurva sempurna yang telah dirancang oleh tim OPPO.

OPPO sebelumnya berhasil mencetak kaca dengan metode hot-forging untuk menciptakan kurva yang sempurna. Berkat inovasi ini, OPPO Find X2 Pro versi Lamborghini yang terinspirasi dari Aventador SVJ Roadster berhasil diciptakan dengan lekukan yang meniru bentuk supercar legendaris tersebut. Teknik ini mampu menghasilkan kurva dengan lengkungan menakjubkan dan transisi sempurna dari titik tertinggi 0,6 mm hingga ke titik terendah 0,1 mm.

Selain desain fisiknya, sentuhan akhir dalam rancangan OPPO Find X3 Pro 5G menghadirkan estetika yang tak tertandingi dan belum pernah ada sebelumnya. Lapisan matte dan anti-glare tak hanya menjadikan kaca terasa sehalus sutra, tetapi juga mampu menahan noda sidik jari dengan sangat baik sehingga kaca selalu tampak bersih setiap saat.

OPPO Find X3 Pro 5G tersedia dalam warna Gloss Black yang tampil kokoh dan menawan. Pilihan lainnya adalah warna Blue dengan sentuhan akhir dual-tone yang mampu mengubah pantulan cahaya menjadi gelombang yang membaur dan pola warna yang memukau.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper