Ikut Program Inkubasi, Startup Bisa Cepat Dilirik Investor

Akbar Evandio
Selasa, 4 Mei 2021 | 21:59 WIB
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan rintisan (startup) baru dinilai perlu mengikuti program inkubasi dan akselerator untuk menarik potensi pemodal dalam menyuntikan dana.

Bendahara Asosiasi Modal Ventura Seluruh Indonesia (Amvesindo) Edward Ismawan Chamdani mengatakan program inkubasi menjadi salah satu tempat investor mencari startup menarik untuk diberikan pendanaan. Sebab, startup dengan ide yang telah divalidasi dan menunjukkan perkembangan signifikan umumnya menarik perhatian investor.

“Inkubator juga memiliki program demo day untuk memperkenalkan startup binaan mereka. Investor pada umumnya memiliki kepercayaan terhadap startup di bawah naungan inkubator yang telah terbukti menghasilkan startup yang baik,” katanya, Selasa (4/5/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa tidak jarang ada perusahaan besar yang berada di belakang program inkubator. Perusahaan besar ini biasanya memiliki inisiatif untuk mendukung perkembangan startup di Indonesia dan memberikan pendanaan bagi startup yang relevan dengan bisnis mereka ataupun memiliki potensi bisnis yang besar.

“Keberhasilan suatu akselerator juga sangat tergantung dari program, kurikulum, mentor khususnya dan akses ke para modal ventura. Apabila hal ini diberikan maka bisa membantu para startup khususnya yang masih di stage awal,” ujarnya.

Namun, Edward mengatakan bahwa tantangan yang perlu dicermati adalah apakah pemain baru nantinya bisa memanfaatkan jaringan yang tepat dan memaksimalkan program tersebut.

Adapun, menurutnya, untuk sisi pemodal peluang hadirnya program inkubasi tentu akan baik bagi para modal ventura dan penyelenggara crowdfunding karena bisa mendapatkan pipeline dengan jumlah yang berlimpah.

Untuk diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) kembali menyelenggarakan program inkubasi Startup Studio Indonesia Batch 2 yang akan berlangsung mulai Mei—Juli 2021.

Sekadar catatan, telah diluncurkan sejak September 2020, Startup Studio Indonesia merupakan program inkubasi intensif yang berfokus pada pemberdayaan early-stage startup untuk membangun pondasi industri startup baru di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper