Artificial Intelligence (AI) Maksimalkan Sales Perusahaan

Bambang Supriyanto
Senin, 26 April 2021 | 12:50 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cybertrend, sebagai leader Data Science & AI solutions company di Indonesia, bekerja sama dengan IBM Indonesia untuk memperkuat penyediaan end-to-end data dan AI journey bagi para kliennya.

Awal Kurnianto, Ketua Komisi Riset, Pengembangan, dan Data Analytic Persatuan Aktuaris (PAI), mengatakan pihaknya masih harus belajar bagaimana caranya mengedukasi masyarakat untuk memahami risiko dengan asuransi.

"Pengelolaan risiko baik kecelakaan maupun dana pensiun melalui asuransi ini memerlukan pengolahan data berupa frekuensi, keparahan, dan dampaknya terhadap seseorang atau instansi untuk mengatur ketepatan dan aktualisasi identifikasi asuransi,” katanya dalam keterangan tertulis Senin (26/4/2021). 

Menurutnya, dengan menggunakan data produk asuransi dapat dibuat lebih menarik dan customize dengan kebutuhan konsumen.

PT Cybertrend Intrabuana dan IBM Indonesia berkolaborasi dalam webinar bertajuk Generate Customer Insights Using Artificial Intelligence to Drive Sales pada Kamis (22/4/2021). Webinar yang diadakan melalui Zoom itu membahas mengenai teknologi untuk memahami daya beli konsumen di era digitalisasi, data berkembang pesat dan sering terjadi perubahan.

Kali ini Cybertrend Webinar menghadirkan Ketua Komite Riset, Pengembangan dan Data Analytic Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) Awal P. Kurnianto, Enterprise Group Head Cybertrend Alvernia Marinda, Data & AI Specialist IBM Indonesia Albert Sigit Subekti, dan Data & AI Technical Specialist IBM Indonesia Alvian Zulkhaizar dan Presales Cybertrend Bagus Rezandi Mohammad sebagai narasumber

Awal menjelaskan bahwa pemahaman akan insight konsumen di era digitalisasi menjadi penting seiring dengan kemudahan mendapatkan informasi. Apabila dahulu penjualan hanya menggunakan insting dan pengalaman dari seseorang, saat ini teknologi telah berkembang dalam membaca informasi konsumen secara menyeluruh.

Selain membaca customer insight, data dapat digunakan untik membuat keputusan yang relevan dan efektif dalam melakukan penjualan.

Menurut Tita Bukian, Chief Business Officer Cybertrend, di era transformasi digital ini,  teknologi Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu teknologi yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan kinerja bisnis.

“Hal ini karena teknologi AI mendorong peningkatan mutu pelayanan yang semakin akurat sehingga tingkat kepuasan pelanggan menjadi semakin tinggi. Selain itu, teknologi AI juga membantu mengoptimalkan bisnis dengan biaya operasional yang lebih efisien,” ungkapnya.

Webinar Generate Customer Insights Using Artificial Intelligence to Drive Sales memberikan pemahaman teknologi hybrid cloud berkekuatan AI, yaitu IBM Cloud Paks, dan visualisasi data yang tepat untuk menganalisa peri laku pelanggan menggunakan CtrendVision yang membantu membuat strategi penjualan yang efektif.

Selain itu, webinar ini diharapkan dapat mempertajam pengetahuaan para peserta webinar tentang pentingnya pemahaman akan data dan teknologi AI untuk membantu banyak bidang industri.

"Seiring berkembangnya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, pengolahan data melalui analisis big data menjadi kunci bagi perusahaan untuk menentukan model bisnis, mengambil keputusan besar, dan memahami konsumen,” ujar Alvernia Marinda, Enterprise Group Head Cybertrend. 

Lebih dari itu, Cybertrend juga memberikan penjelasan tentang bagaimana membuat visualisasi data yang baik, sehingga stakeholders di berbagai departemen memiliki akurasi pengetahuan yang sama tentang situasi pasar. Hal ini diperlukan agar stakeholders dapat membuat strategi penjualan yang efektif.

“Pada tahap ini perusahaan seharusnya dapat mengetahui keperluan mereka dalam pemanfaatan data digital untuk memulai pertumbuhan dan pengembangan data AI perusahaan agar mereka dapat mencapai target,” ujar Data & AI Specialist IBM Indonesia Albert Sigit Subekti.  

Albert mengatakan bahwa AI dapat mengimprovisasi customer experience dengan cara memahami customer secara mendalam, menganalisa keputusan dan perilaku konsumen, mengumpukan data via chatbots, dan hyper-personalization.

Hal ini bukan sesuatu yang mustahil dengan, kehadiran teknologi AI membantu Perusahaan untuk melihat pola perilaku konsumen melalui visualisasi, sehingga mudah dipahami oleh pelaku bisnis. Saat ini sebesar 73 persen data yang dimiliki perusahaan belum termaksimalkan.

Adapun, perusahaan memiliki sebanyak 800 terabyte data terkait konsumen dan dalam 5 tahun kedepan diprediksi data perusahaan bertambah hingga 5 petabyte. Untuk itu, para pelaku usaha perlu mempertimbangkan untuk mengintegrasikan sistem lama mereka dan perlu mengukur lebih detail skala data kecerdasan buatan. 

IBM Cloud Pack for data sebelumnya dikenal sebagai IBM Cloud Private for data, yang memiliki fungsi sebagai platform data dan analitik baru dengan pengelolaan internal yang dapat menyederhanakan, menyatukan mengatur dan menganalisis data untuk mempercepat nilai dari data science dan AI. Kini IBM Cloud Pack hadir dengan perangkat cloud hybrid yang mampu memberikan analisis big data lebih cepat dan lengkap. 

“Dengan adanya dukungan dari IBM Cloud Pack sebagai perangkat lunak cloud hybrid, kami harapkan tidak hanya dapat menyajikan data nya saja, namun juga bisa memudahkan untuk analisis big data ini yang meaningfull untuk para enterprise nya dengan menggabungkan dengan lini bisnis, ” kata Alvian Zukhaizar dari data & AI Technical Specialist IBM Indonesia.

Presales Cybertrend Bagus Rezandi Mohammad menambahkan bahwa data visualisasi ini juga mampu membantu kita untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan lebih terperinci sehingga para enterprise mampu menentukan langkah selanjutnya dengan lebih spesifik. 

Cybertrend sebagai leader Data Science & AI solutions company di Indonesia bekerja sama dengan IBM Indonesia untuk memperkuat penyediaan end-to-end data and AI journey untuk para kliennya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper