Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Hal Sederhana Bikin Obrolan di WhatsApp Aman

WhatsApp juga menawarkan sejumlah pengaturan opsional untuk membantu mengontrol privasi dan keamanan akun, seperti otentikasi dua faktor.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Maret 2021  |  10:14 WIB
Logo WhatsApp  -  whatsapp.com
Logo WhatsApp - whatsapp.com

Bisnis.com, JAKARTA – Menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari mengobrol di WhatsApp? Aplikasi pesan tersebut baru saja merilis delapan hal sederhana yang harus dilakukan, jika ingin menjaga obrolan berjalan lancar dan bebas dari kekacauan.

Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Kathryn Harnett menerangkan, semakin orang menjalani hidup secara online, maka semakin harus melindungi.

“Itulah sebabnya panggilan dan pesan pribadi Anda di WhatsApp dilindungi oleh enkripsi end-to-end,” ujar dia seperti dikutip Express UK, Minggu (21/3/2021).

Artinya, tidak ada orang lain yang dapat membacanya. Bahkan, WhatsApp itu sendiri. Namun, WhatsApp juga menawarkan sejumlah pengaturan opsional untuk membantu mengontrol privasi dan keamanan akun, seperti otentikasi dua faktor.

“Kami merekomendasikan pembersihan digital, tidak hanya untuk mengosongkan ruang penyimpanan, tapi juga sebagai kesempatan untuk memastikan mengontrol privasi dan keamanan Anda,” kata Harnett.

Berikut detail dari delapan hal sederhana tersebut:

1. Kosongkan penyimpanan

Jangan biarkan media menyumbat memori. Gunakan fungsi "Kelola Penyimpanan" WhatsApp untuk meninjau dan menghapus item lebih dari 5 MB, dan periksa obrolan individu untuk melihat seberapa banyak penyimpanan yang digunakan.

Pengguna juga dapat dengan cepat mengarsipkan, menghapus, dan menghapus semua obrolan dalam beberapa ketukan sederhana. Cukup buka bagian Obrolan di Pengaturan WhatsApp,

2. Lindungi memori ponsel

Ingin menghentikan penyimpanan foto dan video secara otomatis ke rol kamera dan mengisi memori ponsel? Buka bagian Obrolan di Pengaturan, lalu nonaktifkan sakelar "Simpan ke Rol Kamera".

3. Lindungi paket data

Membantu mengurangi data yang digunakan di WhatsApp dengan menyesuaikan pengaturan unduhan otomatis. Sehingga pengguna dapat mengontrol kapan dan syarat mengunduh file dan media.

Caranya, buka "Penyimpanan dan Data" di Pengaturan lalu pilih apakah foto, audio, video, dan dokumen dapat diunduh otomatis dengan Wi-Fi dan paket data. Atau tidak sama sekali (artinya tidak ada yang akan mengunduh hingga pengguna memilihnya).

4. Tinggalkan, bisukan atau arsipkan grup yang tidak diinginkan

Apakah pengguna merupakan bagian dari obrolan grup yang tidak lagi penting? Pengguna dapat dengan cepat dan mudah keluar dari grup, atau memilih untuk menonaktifkan atau mengarsipkan grup yang tidak ingin didengar sekarang.

Caranya, buka obrolan grup, ketuk subjek grup dan gulir ke bawah untuk melihat opsi "Keluar dari Grup" atau "Bungkam". Atau, ketuk dan tahan grup di tab Obrolan, lalu ketuk “Keluar dari Grup” atau “Arsipkan”.

5. Aktifkan fitur Pesan yang Menghilang

Mengaktifkan “Pesan yang Menghilang” akan membuat pesan baru dalam obrolan menghilang setelah tujuh hari. Fitur ini menawarkan pengguna ketenangan pikiran bahwa percakapan tidak permanen.

Caranya, cukup buka obrolan, ketuk nama kontak, gulir ke bawah untuk melihat opsi "Pesan yang Menghilang" lalu pilih aktif.

6. Perbarui pengaturan Privasi

Pengguna bisa mengontrol siapa yang dapat melihat Tanda Terima Dibaca, Terlihat Terakhir, Tentang, dan Foto Profil. Buka Pengaturan, lalu ketuk Privasi, dan pengguna  dapat mengubah semua ini agar dapat dilihat oleh semua orang, hanya kontak, atau tidak ada sama sekali—sepenuhnya terserah pengguna.

7. Blokir pengguna yang tidak diinginkan

Cepat dan mudah untuk memblokir seseorang di WhatsApp. Buka pengaturan Privasi, ketuk blokir dan kemudian tambahkan kontak atau nomor tidak dikenal yang ingin diblokir.

8. Siapkan verifikasi dua langkah

Ingin menambahkan lapisan keamanan tambahan? Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang menambahkan keamanan ke akun WhatsApp. Untuk mengaktifkannya buka Pengaturan, ketuk Akun dan Verifikasi Dua Langkah, lalu tekan 'aktifkan' dan setel pin.

Saat mengaktifkan verifikasi dua langkah, pengguna juga memiliki opsi untuk memasukkan alamat email. Dan ini memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi tautan penyetelan ulang melalui email jika pengguna lupa PIN, dan juga membantu melindungi akun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

whatsapp

Sumber : Tempo

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top