Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Heboh Jokowi Terobos Hujan Deras, Ternyata Berbahaya!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan 7 tips menghindari petir yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan diri.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  16:32 WIB
Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur untuk meresmikan Bendungan Napun Gete, Selasa (23/2/2020).  - Biro Pers Sekretariat Presiden / Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur untuk meresmikan Bendungan Napun Gete, Selasa (23/2/2020). - Biro Pers Sekretariat Presiden / Muchlis Jr

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meninjau lokasi lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Sumba Tengah.

Saat kunjungan kerja pada Selasa (23/2/2021) siang, dalam kondisi hujan deras, Presiden Jokowi memutuskan untuk turun dari mobilnya dan berjalan ke tengah sawah berbekal payung untuk mengecek pompa air dan menyapa masyarakat yang telah menunggu kedatangannya.

Aksi Jokowi ini pun ramai diperbincangkan di media sosial. Netizen mengunggah video maupun foto saat Jokowi berjalan sendiri di tengah sawah dalam keadaan hujan.

Namun aksi Jokowi ini secara ilmiah merupakan tindakan yang berbahaya karena berpotensi tersambar petir yang bahkan bisa merenggut nyawa.

Mengutip Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada 7 tips menghindari petir yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan diri.

1. Hindari Tanah Lapang
Saat Anda sedang melakukan aktivitas di sawah, lapangan, atau taman, segeralah mencari tempat berlindung jika terjadi hujan beserta petir. Petir selalu mencari tanah untuk melepaskan energinya. Akan sangat berbahaya bila Anda tidak segera mencari tempat berlindung.

2. Segera Masuk Ruangan Saat Mendengar Guntur
Ketika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan dan tiba-tiba mendengar guntur, segeralah mencari tempat perlindungan. Tempat yang paling aman agar terhindar dari sambaran petir adalah masuk ke dalam ruangan. Selain ruangan, Anda juga bisa berlindung di dalam mobil.

3. Jauhkan Diri dari Kolam Renang
Saat hujan disertai petir, sebaiknya Anda tidak berenang atau berada di dalam kolam renang. Jika Anda sedang berada di dalam kolam renang, segeralah naik dan menjauh. Berada di dalam kolam renang berbahaya karena petir dapat menghantarkan energi ke air.

4. Jangan Berteduh di Bawah Pohon
Jangan sekali-sekali berlindung di bawah pohon ketika hujan disertai petir. Berteduh di bawah pohon justru berbahaya karena pohon yang tersambar petir energinya dapat melompat ke tubuh.

5. Jauhi Sesuatu yang Tinggi
Petir cenderung memilih obyek yang tinggi sebagai obyek sambarannya. Obyek tinggi bisa berupa tiang listrik, menara, atau pohon. Jadi sebaiknya jauhkan diri dari obyek-obyek tinggi saat melihat kilatan-kilatan petir.

6. Jangan Naik Sepeda Motor
Jika Anda sedang berkendara dengan sepeda motor, lalu tiba-tiba hujan dan terjadi petir, jangan memaksakan diri untuk terus berkendara. Segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung.

7. Beri Jarak dengan Orang Lain
Jika Anda sedang berteduh dari hujan yang disertai petir di luar ruangan, ternyata kita tidak dianjurkan untuk berdiri terlalu dekat dengan orang lain. Sebaiknya atur jarak sekitar 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari energi saat terjadi petir.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi hujan petir
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top