Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Clubhouse Aplikasi Kekinian yang Diuntungkan Oleh Waktu

Saat Clubhouse pertama kali muncul Thakkar mengungkapkan semua orang saling kenal. Saat ini dia mengungkapkan lebih suka menggunakan chat room di mana dia hanya berbicara dengan teman-temannya atau tentang topik yang berhubungan dengan bisnisnya.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  12:20 WIB
Tampilan Aplikasi Clubhouse di App Store iPhone
Tampilan Aplikasi Clubhouse di App Store iPhone

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi berbasis audio yang diluncurkan Maret 2020 lalu di Silicon Valley, Clubhouse mendadak populer dan digunakan para artis.

Dikutip dari Aljazeera pada Rabu (17/2/2021), aplikasi yang muncul pada masa pandemi Covid-19 menjadi ruang yang cocok untuk membicarakan apa saja ketika tidak bisa bertemu secara langsung.

Obrolan Clubhouse bisa menjadi hal biasa, tetapi juga dapat diubah menjadi acara yang harus didengar jika seseorang yang terkenal muncul. Misalnya saat pendiri Facebook Mark Zuckerberg muncul di platform ini minggu lalu, berbicara tentang teknologi masa depan.

Bahkan CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk muncul di Clubhouse akhir bulan lalu untuk membicarakan tentang hiruk pikuk perdagangan GameStop.

Penampilan Musk, yang memiliki kapasitas "ruangan" maksimum 5.000 orang dengan cepat terisi penuh hingga ruang tambahan sekunder dibuka.

"Saya tidak masuk dalam ruangan. Namun seseorang yang masuk ke ruangan itu sedang melakukan streaming langsung di YouTube," kata Bobby Thakkar, managing partner di Ampersand Ventures yang juga pengadopsi awal Clubhouse.

Pada masa-masa awal, Thakkar menghabiskan 25 jam seminggu di Clubhouse, mengingat betapa sedikitnya kegiatan yang bisa dia lakukan saat lockdown diberlakukan di masa pandemi.

Saat Clubhouse pertama kali muncul Thakkar mengungkapkan semua orang saling kenal. Saat ini dia mengungkapkan lebih suka menggunakan chat room di mana dia hanya berbicara dengan teman-temannya atau tentang topik yang berhubungan dengan bisnisnya.

Aplikasi belum genap satu tahun ini awalnya diluncurkan untuk beberapa orang terpilih, tetapi sekarang telah digunakan oleh sekitar dua juta orang setiap minggu. Aplikasi ini berkembang pesat karena portabilitasnya.

"Clubhouse mendarat tepat waktu sebagai platform di mana orang dapat melampiaskan pikiran dan emosi mereka," ungkap David Bchiri, direktur perusahaan konsultan AS, Fabernovel.

Menurutnya adanya platform ini orang-orang jadi memiliki media untuk membicarakan tentang pandemi dan protes musim panas saat melawan ketidakadilan rasian di Amerika Serikat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi Covid-19
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top