Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip Persiapan XL Axiata (EXCL) Hadirkan Jaringan 5G

Xl Axiata mulai bersiap menghadirkan jaringan 5G melalui upaya fiberisasi pada tahun ini.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  09:17 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) terus mempersiapkan jaringan yang dimiliki untuk menyambut 5G. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan menggenjot pergelaran fiberisasi.

Chief Technology Officer ‎PT. XL Axiata Tbk. I Gede Darmayusa mengatakan perseroan akan terus menggenjot pembangunan jaringan serat optik atau fiberisasi pada tahun ini, dengan menargetkan 9.000 titik baru. Pada 2020, XL Axiata mengklaim berhasil melakukan fiberisasi pada 10.500 sites di seluruh Indonesia.

"Jadi secara total akan ada sekitar 19.000 sites yang terhubung dengan serat optik [fiberisasi] pada 2021," kata Darmayusa dalam konferensi virtual, Selasa (16/2/2021).

Darmayusa menjelaskan penambahan jaringan serat optik dilakukan untuk meningkatkan kapasitas yang dimiliki untuk menjaga kepuasan pelanggan sekaligus mempersiapkan perseroan dalam menyambut kehadiran teknologi 5G.

Secara infrastruktur telekomunikasi, Darmayusa mengeklaim XL Axiata telah siap untuk menggelar 5G. XL hanya terkendala dalam hal frekuensi

Darmayusa juga mengatakan ke depan perseraon akan terus memperluas jaringan di luar Jawa sebagai investasi berkelanjutan. Dari total anggaran modal belanja gelar jaringan pada 2021, sebesar 55 persen akan difokuskan untuk pengembangan jaringan di luar Pulau Jawa dan 45 persen untuk Pulau Jawa.

"Kami sudah berkomitmen untuk mengembangkan jaringan di luar Jawa sejak tiga tahun lalu," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top