Penjualan Tablet Melonjak, Samsung Belum Berhasil Juga Salip Apple

Rezha Hadyan
Rabu, 3 Februari 2021 | 15:00 WIB
Gadget dengan merek Apple masih menjadi juara di masyarakat/ Bloomberg
Gadget dengan merek Apple masih menjadi juara di masyarakat/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung kembali menduduki peringkat kedua sebagai pabrikan tablet di 2020 dengan pangsa pasar sebesar 19,1 persen.

Melansir Yonhap pada Rabu (3/2/2021), Samsung berhasil menjual 31,3 juta unit tablet di 2020 atau naik 44,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya menurut laporan International Data Corporation (IDC).

Walaupun mengalami peningkatan penjualan yang signifikan, Samsung masih belum bisa menggeser Apple yang sudah bertahun-tahun memimpin pangsa pasar tablet.

Apple kembali menduduki puncak setelah mengirimkan 53,2 juta iPad, naik 6,7 persen dari tahun sebelumnya, dengan pangsa pasar 32,5 persen pada 2020.

Namun, berkat peningkatan penjualan yang signifikan Samsung berhasil memperkecil jarak dengan Apple. Pada 2019, pangsa pasar Samsung 15 persen, sedangkan Apple 34,6 persen.

"(Samsung) masih menjadi penyedia tablet Android terbesar dengan produk-produk sukses seperti Galaxy Tab A dan Galaxy Tab S6 Lite," kata IDC.

Perusahaan teknologi asal China, Huawei, mempertahankan posisi ketiga, meskipun pangsa pasarnya turun 10,2 persen menjadi 9,8 persen, setelah mengirimkan 16 juta tablet pada 2020.

Pada kuartal keempat saja, Huawei mengalami penurunan pengiriman tablet sebesar 25,7 persen setelah sanksi AS, menurut IDC.

Lenovo berada di urutan keempat dengan pangsa pasar 8,9 persen setelah mengirimkan 14,1 juta tablet, naik 66,4 persen dari tahun sebelumnya. Amazon.com menempati posisi kelima dengan pangsa pasar 8,5 persen dengan 14 juta pengiriman tablet.

Pada 2020, IDC mengatakan pasar tablet di seluruh dunia tumbuh 13,6 persen menjadi 164,1 juta unit, dipicu oleh pandemi Covid-19 yang mendorong permintaan tablet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper