Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tantangan Penggunaan Domain Lokal

Penggunaan domain lokal dinilai masih memerlukan dorongan dari berbagai pihak agar lebih eksis di kalangan masyarakat, khususnya UMKM.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  11:17 WIB
Situs Internet - Ilustrasi
Situs Internet - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Penggunaan domain lokal masih diselimuti ragam tantangan untuk makin eksis di kalangan masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Chairman Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) DKI Jakarta Fanky Christian mengatakan dorongan setiap pihak diperlukan untuk membuat domain lokal, khususnya .id makin dikenal. Pasalnya, UMKM masih cenderung memilih .com salah satunya karena prestise yang didapatkan.

“Hal ini sebenarnya terkait dengan kebanggaan terhadap domain terutama yang terkait dengan identitas bangsa. Saat ini cenderung menggunakan namadomain.id dibandingkan dengan namadomain.co.id . Maka perlu edukasi terus menerus untuk bisa bangga gunakan domain tersebut,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Kamis (28/1/2021).

Lebih lanjut, Fanky mengatakan bila dibandingkan dengan negara lain, di mana mereka sangat bangga dengan domain negaranya, tetapi kebanggaan penggunaan nama domain di dalam negeri masih sangat rendah.

“Maka faktor edukasi menggunakan domain identitas bangsa ini harus disosialisasikan terus. Hanya saja dalam penerapannya domain ini tidak gunakan sebagai identitas bisnis. Ini yang harus ditekankan agar bangga gunakan domain .id sebagai identitas bisnis, khususnya UMKM,” kata Fanky.

Sekadar catatan, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) menyebutkan mencapai kinerja positif sepanjang tahun lalu, dengan mencapai jumlah nama domain yang terdaftar sebanyak 486.814 nama domain atau naik sebanyak 133.909 atau 37,94 persen nama domain dari 2019 dengan 352.905 nama domain.

Menurut catatan Bisnis.com, Wakil Ketua Bidang Business Development, Marketing dan Kerjasama Heru Nugroho organisasi tengah melakukan beberapa strategi yaitu mengembangkan infrastruktur dan aplikasi untuk meningkatkan keamanan dan keandalan sistem. Bahkan, mereka akan memanfaatkan peluang dari digitalisasi UMKM yang tengah digadangkan pemerintah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi domain
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top