Telkom Buka Peluang Kerja Sama dengan Netflix

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 19 Januari 2021 | 06:27 WIB
Netflix. Bloomberg
Netflix. Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) mengajak Neflix dan penyedia layanan Over The Top (OTT) lainnya untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat Indonesia.

Direktur Consumer Service Telkom FM Venusiana R. mengatakan perseroan terbuka untuk bekerjasama dengan berbagai platform untuk memberikan kualitas layanan terbaik bagi masyarakat.

Dia menjelaskan terdapat tiga cara agar layanan konten atau OTT –termasuk Netfllix - dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Pertama dengan cara sambungan langsung antara operator Internet dengan penyedia OTT atau direct peering. Kedua, Content Delivery Network (CDN) di mana penyedia OTT dapat menyewa CDN milik operator internet .

Kemudian terakhir, melalui gateway Internet Exchange (IX) yaitu menggunakan saluran bandwidth internasional milik operator internet yang dapat dilewati oleh semua penyedia OTT dengan peluang yang sama.

“Kami berharap semua saling mendukung, masyarakat bijak dalam mengonsumsi internet, dan para penyedia konten dapat segera bekerjasama dengan operator internet untuk bisa meningkatkan layanannya kepada masyarakat,” kata Venusiana dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (18/1/2021).

Venusiana menjelaskan hingga akhir 2020, pelanggan IndiHome – layanan triple play milik Telkom – telah melayani 8 juta pelanggan dengan 66 juta perangkat yang telah terhubung dengan WiFi IndiHome. 

Hingga akhir 2020 Telkom juga telah membentangkan serat optik sepanjang 166.343 kilometer dari pusat kota hingga ke pelosok desa di seluruh wilayah nusantara.

Saat ini dari 514 kabupaten/kota, setidaknya 96,5 persen kabupaten/kota atau sebanyak 496 kabupaten/kota telah dijangkau IndiHome.

Di wilayah kecamatan, IndiHome berhasil menjangkau 72,1 persen kecamatan atau sebanyak 5.115 dari 7.094 kecamatan dan di tingkat kelurahan/desa, IndiHome telah menjangkau 41 persen kelurahan/desa atau sebanyak 34.285 dari 83.447 kelurahan/desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper