Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indosat Mau Gandeng Google Loon, Salurkan Internet di Pelosok

Indosat akan mengandeng Google Loon untuk menyalurkan jaringan internet ke daerah pelosok.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  12:33 WIB
Google Loon - Wikimedia Common
Google Loon - Wikimedia Common

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) berencana melakukan kerja sama dengan Google perihal pemanfaatan Google Loon untuk menyalurkan akses internet ke sejumlah kawasan di daerah rural atau pelosok.

Chief Legal & Regulatory Officer Indosat Natasha Nababan mengatakan perseroan berkomitmen menunjang interkoneksi di seluruh pelosok Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu cara yang ditempuh Indosat adalah bekerja sama dengan Google.

“Saat ini diskusi kami dengan pihak Google masih dalam tahap awal. Kami semangat karena upaya awal kami ini juga didorong dan sejalan dengan wacana dari Menteri Komunikasi dan Informatika yang ingin juga mendorong agar [jaringan] kita bisa mencapai ke daerah pelosok,” kata Natasha dalam konferensi virtual, Selasa (12/1/2021).

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate sempat mengungkapkan bahwa Kemenkominfo tengah mempertimbangkan penggunaan Loon untuk menyalurkan akses internet ke daerah 3T.

“Kami tengah mempertimbangkan dan mengkaji untuk memenuhi kebutuhan akses internet terutama untuk layanan pemerintah di daerah," kata Johnny.

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Anang Latif menjelaskan Loon di beberapa negara sudah diuji coba. Adapun di Indonesia, untuk uji coba, harus berkordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Perhubungan sebagai regulator tata ruang udara.

“Karena ketinggian Loon itu kira-kira di 20 km dari permukaan bumi,” kata Anang.

Project Loon dikembangkan oleh Google, Inovasi ini berupa balon-balon udara yang dapat menyalurkan internet dengan cakupan seluar 100 km. Loon dapat terbang selama 187 hari, setelah terbang selama sekitar 6 bulan, Loon harus turun untuk perawatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi indosat
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top