Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Samsung Akan Tampilkan Startup Binaan di CES 2021, Siapa Saja Mereka?

Samsung akan mengungkap empat proyek menarik yang sedang berlangsung dari program ventura in-house C-Lab Inside. Selain itu, tujuh belas startup yang didukung oleh C-Lab Outside, program akselerasi startup Samsung, juga akan berpartisipasi dalam acara tersebut. 
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  16:00 WIB
Samsung C-Lab  -  samsung.com
Samsung C-Lab - samsung.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pabrikan elektronik asal Korea Selatan, Samsung Electronics akan membawa empat proyek dari C-Lab Inside dan tujuh belas startup dari C-Lab Outside pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021.

 

Inkuk Hahn, Wakil Presiden Korporat dan Kepala Pusat Kreativitas & Inovasi di Samsung Electronics berharap para startup dari C-Lab Outside berhasil membuktikan kompetensi teknologi dan daya saing mereka di panggung global di CES dan menemukan peluang bisnis baru.

 

“Kami juga sangat senang membawa proyek C-Lab Inside ke audiens yang lebih luas. Mendorong inovasi yang berpikiran maju, baik di dalam maupun di luar perusahaan dan memberikan peluang untuk kolaborasi adalah sinergi sukses yang sangat penting dalam teknologi, yang pada akhirnya akan menguntungkan semua orang,” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (6/1/2021).

 

CES 2021 akan berlangsung secara virtual pada 11 Januari 2021 hingga 14 Januari 2021. Dalam keterangan resminya, Samsung akan mengungkap empat proyek menarik yang sedang berlangsung dari program ventura in-house C-Lab Inside. Selain itu, tujuh belas startup yang didukung oleh C-Lab Outside, program akselerasi startup Samsung, juga akan berpartisipasi dalam acara tersebut. 

 

“Mengingat kurangnya peluang yang dimiliki startup untuk berpartisipasi dalam pameran industri secara langsung di tengah pandemi pada tahun 2020, Samsung mendukung partisipasi virtual dari para startup di CES tahun ini untuk membantu mereka menarik calon investor dan pembeli,” tulis Samsung dalam keterangan resminya.

 

Pada CES 2021, juga akan memperkenalkan untuk pertama kalinya startup lokal yang diinkubasi oleh Samsung bekerja sama dengan Daegu Center for Creative Economy & Innovation dan Gyeong-buk Center for Creative Economy & Innovation. 

 

C-Lab Inside, yang dimulai pada tahun 2012, adalah program inkubasi ide internal yang mendorong dan memelihara ide-ide inovatif dari karyawan Samsung. Ini akan menjadi tahun keenam berturut-turut C-Lab berpartisipasi dalam CES. 

 

Proyek C-Lab Inside yang akan diluncurkan tahun ini berfokus pada produk dan layanan yang dipersonalisasi untuk memenuhi gaya hidup yang beragam. Daya jual produk dan tanggapan pelanggan akan diukur selama pameran untuk meningkatkan dan memajukan proyek lebih lanjut. 

 

Adapun, keempat proyek C-Lab Inside adalah sebagai berikut, pertama, EZCal yakni aplikasi kalibrasi kualitas gambar TV otomatis untuk kualitas menonton di tingkat bioskop., Kedua, Air Pocket, perangkat penyimpanan oksigen portable.

 

Ketiga, Scan & Dive, perangkat IoT & solusi untuk klasifikasi kain dan rekomendasi perawatan yang optimal. Keempat, Food & Sommelier, layanan untuk menemukan makanan & minum anggur yang optimal. 

 

Sementara itu, C-Lab Outside adalah program akselerasi startup untuk menghidupkan ekosistem startup di Korea Selatan. Program inkubasi startup lokal oleh Daegu Center dan Gyeong-buk Center for Creative Economy & Innovation juga dijalankan sebagai bagian dari C-Lab Outside. 

 

Startup yang terdaftar dalam program C-Lab Outside dilengkapi dengan ruang kerja kantor, bimbingan ahli oleh karyawan Samsung, peluang untuk berpartisipasi dalam pameran TI global, hubungan investor, dan dukungan keuangan.

 

Tujuh belas startup yang diinkubasi dalam satu tahun terakhir akan berpartisipasi dalam CES 2021. Inovasi yang dipamerkan oleh perusahaan tersebut antara lain, Deeping Source sebuah anonimisasi informasi pribadi berbasis AI, Flux Planet yang melayani pembuatan avatar kehidupan nyata melalui pemindaian 3D dan solusi pembuatan konten VR / AR. Magpie Tech, sebuah perangkat manajemen pertumbuhan untuk anak-anak. Designovel, yang melayani pembuatan desain busana menggunakan gambar AI.

 

Startup C-Lab Outside berencana untuk menargetkan pasar global dimulai dengan CES 2021, bertemu dengan investor dan pembeli di seluruh dunia untuk mendapatkan peluang bisnis baru yang potensial. 

 

Tiga perusahaan rintisan dari C-Lab Inside yakni Luple, Bluefeel, dan Pixelro menunggu mitra dan konsumen global di CES 2021. CTA (The Consumer Technology Association) juga mengakui upaya dari program inkubasi startup Samsung dan telah memilih tiga startup dari C-Lab Inside sebagai penerima penghargaan inovasi CES 2021 di bidang kesehatan dan kebugaran. 

 

Penerima beasiswa adalah Luple, yang telah mengembangkan perangkat sinar matahari portabel dan buatan. Selain itu juga ada Breathings, pembuat perangkat IoT yang dengan mudah mengatur kesehatan pernapasan, serta Linkfaceyang telah menerima penghargaan selama dua tahun berturut-turut, kini dengan perangkat pita lehernya yang memantau sinyal bio terkait napas dan jantung. 

 

Samsung Electronics sebelumnya telah mengumumkan pada tahun 2018 bahwa mereka akan mempercepat 300 startup Korea melalui C-Lab Outside dan 200 proyek melalui C-Lab Inside selama 5 tahun ke depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

samsung StartUp CES 2021
Editor : Lukas Hendra TM
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top