Mau Download Video YouTube dan Facebook? Begini Caranya

Ika Fatma Ramadhansari
Kamis, 17 Desember 2020 | 15:36 WIB
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). /ANTARA-Akbar Nugroho Gumay
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019). /ANTARA-Akbar Nugroho Gumay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - YouTube dan Facebook telah menjadi platform andalan banyak orang untuk menonton video. Berdasarkan data per September 2020, ada lebih dari 93 juta penonton unik di Indonesia yang mengakses video YouTube setiap bulan selama satu tahun terakhir.

Tidak hanya menikmati video secara streaming, YouTube juga memiliki fitur download atau unduh video di aplikasinya. Namun tidak semua video kemudian bisa diunduh, karena pemilik akun yang mengatur sebuah video di kanalnya bisa diunduh atau tidak.

Sementara itu, Facebook tidak memiliki fitur untuk mengunduh video yang ada. Padahal video yang telah diunduh dapat dinikmati secara offline agar menghemat paket data seluler.

Dilansir dari The Indian Express pada Kamis (17/12/2020), ada cara lain bagi Anda yang ingin mengunduh video baik dari Youtube maupun Facebook.

Berikut cara download video di Facebook melalui smartphone dan desktop:

  1. Buka video Facebook yang ingin Anda unduh di perangkat Anda.

  2. Setealah Anda membuka tautan di ponsel, ketuk tombol bagikan, buka opsi lainnya dan tekan salin atau copy. Anda juga dapat mengetuk ikon tiga titik dari pos dan memilih salin tautan. Hal yang sama dilakukan untuk desktop.

  3. Lalu buka fbdown.net di penelusuran browser Anda, tempel tautan di kotak, dan klik unduh.

  4. Ketuk opsi lainnya dan tekan download SD atau HD. Video tersebut kemudian akan disimpan di folder download Anda.

Cara mengunduh video YouTube melalui desktop:

  1. Kunjungi situs en.savefrom.net

  2. Setelah Anda membukanya, tempel tautan video YouTube yang ingin diunduh di laptop Anda. Situs ini akan menawarkan beberapa pilihan untuk mengubah resolusi.

  3. Pilihlah resolusi yang Anda inginkan lalu tekan tombol unduh. Anda kemudian akan menemukan video dalam folder unduhan. 

Cara mengunduh video YouTube melalui fitur yang telah disediakan:

  1. Buka aplikasi YouTube di ponsel Anda dan buka videonya.

  2. Anda akan melihat opsi unduh yang berjejeran dengan opsi like atai dislike yang berada di bawah video. Ketuk tombol unduh, dan unduhan akan dimulai. Anda juga bisa memilih resolusi video yang diinginkan.

  3. Setelah selesai diunduh, Anda bisa melihat video secara offline di bagian perpustakaan Youtube. 

Apaila Anda tidak bisa mengunduh dari YouTube atau ingin menonton video di penyimpanan ponsel Anda, maka Anda dapat mengunduh aplikasi Snaptube terlebih dahulu dari situs resminya Snaptubeapp.com.
 
Setelah aplikasi tersebut tersedia di smartphone, Anda hanya perlu mencari video YouTube yang ingin diunduh dan kemudian tekan tombol unduh.
 
Setiap ingin mengunduh video apa pun, Anda disarankan untuk mendapatkan izin dari pembuat video tersebut terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper