AS Setujui Hasil Rekayasa Genetika Babi untuk Makanan dan Obat-Obatan

Rezha Hadyan
Selasa, 15 Desember 2020 | 11:14 WIB
Peternakan babi di Denpasar, Bali, Senin (13/3)./Antara-Wira Suryantala
Peternakan babi di Denpasar, Bali, Senin (13/3)./Antara-Wira Suryantala
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) telah menyetujui penggunaan babi yang direkayasa secara genetik untuk dalam makanan dan produk medis.

Melansir The Verge pada Selasa (15/12/2020), babi yang dikembangkan oleh perusahaan medis Revivicor dapat digunakan dalam produksi obat-obatan, untuk menyediakan organ dan jaringan untuk transplantasi, dan untuk menghasilkan daging yang aman untuk dimakan bagi penderita alergi daging.

“Saat ini, persetujuan pertama kali untuk produk bioteknologi hewan untuk makanan dan sebagai sumber potensial untuk penggunaan biomedis merupakan tonggak penting bagi inovasi ilmiah,” kata Komisaris FDA Stephen M. Hahn.

Babi disebut babi GalSafe karena mereka kekurangan molekul yang disebut gula alfa-gal, yang dapat memicu reaksi alergi. Gula alfa-gal ditemukan pada banyak mamalia, tetapi tidak biasanya pada manusia. Sindrom Alpha-gal (AGS), yang menyebabkan alergi daging yang serius, dapat terjadi setelah gigitan dari kutu lone star atau rusa.

Meskipun belum diuji secara khusus untuk penderita AGS, FDA telah menetapkan bahwa produk daging babi GalSafe aman untuk dimakan oleh masyarakat umum.

Selain potensinya untuk konsumsi yang lebih aman, ada beberapa kegunaan medis yang potensial untuk babi GalSafe. Mereka dapat digunakan untuk membuat obat-obatan seperti heparin, pengencer darah umum yang berasal dari jaringan hewan, lebih aman bagi penderita AGS.

Babi GalSafe juga dapat berguna dalam transplantasi organ, karena gula alfa-gal dapat menjadi penyebab penolakan organ. Babi tersebut belum diuji potensi transplantasinya, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

Kali ini tentu bukan pertama kalinya FDA menyetujui hewan hasil rekayasa genetika. Pada tahun 2009, FDA menyetujui kambing yang diubah secara genetik yang menghasilkan obat dalam susunya untuk mencegah penggumpalan darah. Ayam yang dapat membuat obat dalam telurnya disetujui pada 2015, tahun yang sama salmon menjadi hewan rekayasa genetika pertama yang disetujui untuk dimakan.

Namun, babi GalSafe menandai pertama kalinya FDA memberikan persetujuan atas hewan yang diubah secara genetik untuk konsumsi manusia dan penggunaan medis.

Babi ini bukanlah babi super à la Okja atau pigoons Atwood. Satu-satunya perbedaan antara mereka dan rekan-rekan mereka yang tidak berubah adalah kurangnya molekul gula spesifik. Setiap pengembang yang ingin menggunakan babi GalSafe harus meminta persetujuan FDA lebih lanjut sebelum menggunakan obat baru, transplantasi, atau implan pada manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper