Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Google Sempat Down, Sejumlah Aplikasi Tidak Dapat Diakses

Pengguna di seluruh dunia dilaporkan mengalami gangguan yang sama dengan dengan Gmail, Google Drive, Android Play Store dan Maps.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 14 Desember 2020  |  20:05 WIB
Kantor Google di Jakarta, Indonesia. JIBI/BISNIS - Syaiful Milah
Kantor Google di Jakarta, Indonesia. JIBI/BISNIS - Syaiful Milah

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi Google termasuk YouTube, email dan Docs mengalami gangguan, pengguna tidak dapat mengakses laman layanan terkait.

Dilansir dari BBC, gangguan itu dilacak pada pagi hari waktu Inggris Raya, situs Google mengembalikan kesalahan server saat dikunjungi oleh warganet.

Atas temuan itu, pengguna di seluruh dunia dilaporkan mengalami gangguan yang sama dengan dengan Gmail, Google Drive, Android Play Store dan Maps.

Kendati demikian, mesin pencari Google, tidak terpengaruh oleh masalah yang mempengaruhi layanan lainnya.

Meskipun sistem yang lumpuh itu meluas, dasbor layanan Google awalnya tidak menunjukkan gangguan, sebelum beralih ke status merah di semua layanan. 

"Kami mengetahui adanya masalah dengan Gmail yang mempengaruhi sebagian besar pengguna. Pengguna yang terpengaruh tidak dapat mengakses Gmail," bunyi sebuah pernyataan, dengan kata "Gmail" diganti dengan layanan lain.

Google telah dihubungi untuk dimintai komentar, tetapi seorang juru bicara mengatakan mereka tidak dapat mengakses email mereka.

Layanan video Youtube down, menurut laporan sejumlah penggunanya.

Bahkan, tagar Youtubedown juga menjadi trending topic di Twitter. Sekitar lebih dari 25.000 pengguna Twitter mencuit soal Youtube down tersebut. 

Menurut website downdetector, Youtube down terjadi sejak siang tadi. Sebanyak 85.115 pengguna youtube telah melaporkan masalah dalam akunnya.

Adapun, masalah yang terbanyak dikeluhkan adalah website tidak bisa diakses sebanyak 49 persen, tidak bisa menonton video sebanyak 45 persen dan keluhan lainnya sebanyak 4 persen.

Menurut penelusuran Bisnis, ketika membuka kanal Youtube yang muncul adalah keterangan offline seperti halnya ketika gadget tidak memiliki jaringan internet.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

youtube gmail
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top