Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prosesor Laptop: Intel Core 11thGen Siap Panaskan Persaingan

Setelah AMD sempat mendominasi persaingan, kini Intel bersiap melawan dominasi tersebut dengan senjata terbarunya, prosesor laptop Intel Core 11th Gen dengan kartu grafis terintegrasi Intel® Iris® Xe MAX-nya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 14 Desember 2020  |  06:58 WIB
Ilustrasi intel
Ilustrasi intel

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan antara dua perusahaan pembuat prosesor personal computer (PC) desktop/laptop Intel dan Advanced Micro Devices (AMD) kembali memanas.

Setelah AMD sempat mendominasi persaingan, kini Intel bersiap melawan dominasi tersebut dengan senjata terbarunya, prosesor laptop Intel Core 11th Gen dengan kartu grafis terintegrasi Intel® Iris® Xe MAX-nya.

Wakil Presiden Eksekutif Intel dan Manajer Umum Client Computing Group Gregory Bryant mengatakan performa Intel Core 11th Gen 20 peresen lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Prosesor yang terbagi dalam tiga varian, yakni i3, i5, dan i7 ini hadir dengan kemampuan optimasi perangkat lunak dan maksimalkan kinerja pada aplikasi dan fitur paling sering dipakai pengguna.

“Khusus untuk perangkat yang tersertifikasi EVO, yakni i5 dan i7 akan menjadi kelas tersendiri yang akan membantu pekerjaan Anda dimana saja dan kapan saja dengan pengalaman luar biasa,” ujarnya.

Sebagai catatan, Intel® EVO™. adalah sebuah proses verifikasi sistem laptop yang mengacu pada pengalaman penggunaan konsumen atau KEI (key experience indicator). Intinya, perangkat dengan emblem Intel® EVO™ dinyatakan sebagai laptop terbaik untuk semua kebutuhan.

Khusus untuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), Intel Core Gen 11 diklaimmampu menghadirkan pengalaman AI lebih imersif dan personal. Termasuk audio yang disempurnakan dengan offload CPU untuk meredam bising, mengaburkan latar belakang dengan bantuan AI, video resolusi super, dekode video terbaru, dan dukungan teknologi WiFi 6.

Kemudian untuk sistem pendinginan, Intel juga melakukan peningkatan teknologi proses SuperFin. Tidak hanya itu, prosesor ini juga diklaim mampu mengoptimalkan efisiensi penggunaan tenaga dengan kinerja dan respon cepat, ketika beroperasi pada frekuensi lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Intel menyatakan ada lebih dari 150 laptop dari berbagai merek yang akan menggunakan prosesor ini.

Sejauh beberapa pabrikan laptop telah meluncurkan produk terbarunya yang menggunakan Intel Core 11th Gen di Tanah Air. Salah satu diantaranya adalah Acer yang pekan ini memperkenalkan sederetan laptop premium teranyarnya.

Laptop yang dimaksud antara lain Swift 5 Antimicrobial (SF514-55TA), Swift 3 Infinity 3 (SF314-59), Swift 3 Air 3 (SF313-53), Swift 3X (SF314-510G), dan Aspire 5 Slim (A514-54-55V4). Selain itu, terdapat pula edisi khusus Porsche Design Acer Book RS (AP714-51GT) yang hadir dengan desain dan material lebih ekslusif.

Seluruhnya menggunakan Intel Core 11th Gen dengan dukungan Intel® Iris® Xe MAX untuk kemampuan pengolahan grafis layaknya laptop gaming dengan kartu grafis berdedikasi (dedicated). Namun, hanya Swift 5 Antimicrobial, Swift 3 Infinity 3 dan Swift 3 Air 3 saja yang mengantongi sertifikasi Intel® Evo™.

Presiden Direktur Acer Indonesia Herbet Ang mengklaim jajaran laptop terbarunya yang menggunakan Intel Core 11th Gen memiliki kekuatan 20 persen lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu, penggunaan prosesor tersebut juga memungkinkan ukuran laptop lebih ringkas.  

"Desain, teknologi, dan inovasi yang ada pada rangkaian produk yang diperkenalkan kali ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin beragam, sekaligus menawarkan solusi yang tepat untuk masing-masing kebutuhan yang berbeda tersebut," ujarnya.

Selangkah lebih awal. Lenovo bulan lalu memperkenalkan jajaran laptop terbarunya dengan jajaran prosesor yang juga disebut “Tiger Lake” itu. Seluruhnya merupakan laptop Yoga Series yang mencakup Yoga Slim 9i, Yoga Slim 7i Pro, Yoga Slim 7i Carbon, Yoga Slim 7i, Yoga 9i, dan Yoga 7i.

Empat tipe pertama mengedepankan desain bodi super tipis dengan Form Factor Clamshell atau laptop klasik. Sementara dua tipe paling akhir menggunakan Form Factor Convertible/2-in-1 yang dapat dioperasikan sebagai Tablet.

Consumer Notebook 4P dan T1 Lenovo Indonesia Kevin Adityo mengatakan sembilan produk terbaru dari empat kategori berbeda itu hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda dan terbiasa menggunakan produk premium.

Tak lama berselang, Micro-Star International (MSI) mengumumkan peluncuran seri laptop bisnisnya, Summit, Prestige, dan Modern yang menggunakan Intel Core 11th Gen. Menurut SI NB Sales & Marketing Director Ralph Wang, seri laptop tersebut performanya 20 persen lebih kencang dibandingkan pendahulunya ketika digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor.

Sementara, untuk bermain gim dan streaming video dengan resolusi tinggi Ralph menyebut kemampuannya meningkat hingga dua kali lipat. Untuk pembuatan konten, prosesor tersebut dapat berjalan 2,7 kali lebih cepat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

intel laptop prosesor
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top