Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apakah Hadirnya Vaksin Berpengaruh ke Pendanaan Startup?

Pada 2021 akan ada startup yang mengalami percepatan dan perusahaan yang dalam tahap bertumbuh.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 10 Desember 2020  |  09:57 WIB
Ilustrasi startup -
Ilustrasi startup -

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia menilai setelah kehadiran 1,2 juta vaksin Covid-19 merek Sinovac di Indonesia memberi sentimen positif terhadap penyaluran dana ke depan.

Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) Jefri R Sirait mengatakan bahwa suntikan dana akan makin mengalir pada 2021 untuk perusahaan rintisan (startup) di Tanah Air.

“Benar, [kehadiran vaksin] kabar yang membawa sentimen positif dan kami akan sangat terbantu tidak hanya secara psikologis, juga fisik pemulihan  ke depan,” katanya saat dihubungi Bisnis, Kamis (10/12/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa hingga saat ini struktur penopang investasi makin terpenuhi, yakni ekosistem dari perusahaan rintisan. Menurutnya, hal ini menjadi irama yang baik untuk para pemodal makin melirik startup.

Jefri pun menilai bahwa kehadiran vaksin juga memengaruhi sentiment pemodal dan startup mana yang akan diincar pada 2021. Hal ini karena mobilitas masyarakat yang akan berinteraksi secara fisik kembali.

“Saat ini [startup] yang terkait akan perilaku konsumen pascapandemi [Covid-19] cenderung menjadi prioritas investor, seperti fintech, edutech, e-commerce, healthtech, dan Saas sebagai solusi yang menjawab masalah yang ada,” ujarnya.

Bendahara Amvesindo Edward Ismawan Chamdani mengatakan bahwa pada 2021 akan ada startup yang mengalami percepatan dan perusahaan yang dalam tahap bertumbuh.

Dia menjabarkan bahwa startup yang pemodal lihat akan mengalami akselerasi adalah healthtech, edutech, e-logistics, dan e-grocery, sedangkan perusahaan yang masih mengalami masa untuk bertumbuh dan amat membutuhkan suntikan dana, seperti beauty-tech, foodtech, dan e-B2B.

“Hal ini karena sebagian besar pengguna akan tetap terbiasa melakukan transformasi digital seperti yang dialami semasa pandemi,” kata Edward.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal ventura StartUp
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top