Kehidupan di Planet Mars Kemungkinan Ada di Bawah Permukaan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 3 Desember 2020 | 13:26 WIB
Planet Mars/telegraph.co.uk
Planet Mars/telegraph.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika kehidupan pernah ada di planet Mars, kemungkinan besar tidak berada di atas permukaan, melainkan beberapa mil di bawahnya.

Demikian menurut sebuah studi baru yang menunjukkan bahwa bagian Mars yang paling layak huni di masa lalu kemungkinan besar di bawah permukaannya.

Studi tersebut dipublikasikan Rabu di jurnal Science Advances.

Alasanya, karena kehidupan membutuhkan beberapa bahan dasar. Air adalah salah satunya. Dan selama bertahun-tahun, suksesi misi robotik NASA telah "mengikuti air" di Mars untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah planet, termasuk apakah pernah ada kehidupan di sana.

Sementara banyak ilmuwan percaya bahwa Mars hangat dan basah miliaran tahun yang lalu sebelum menjadi gurun beku seperti sekarang ini, yang lain menunjuk pada paradoks matahari muda yang samar.

Empat miliar tahun yang lalu, matahari kita jauh lebih redup, sekitar 30% lebih redup. Itu telah tumbuh lebih hangat dan lebih cerah dari waktu ke waktu. Jika itu masalahnya, Mars kuno akan menjadi terlalu dingin dan kering untuk air atau kehidupan di permukaannya.

Saat ini, Mars hanya menerima sekitar 43% konsentrasi sinar matahari yang diterima Bumi dari matahari. Artinya, suhu di Mars kuno akan kesulitan untuk naik di atas titik leleh air es.

Tetapi fitur geologis di Mars menunjukkan bukti mineral terhidrasi dan dasar sungai dan danau kuno. Bukti ini menunjukkan fakta bahwa Mars kemungkinan memiliki banyak air cair selama era Noachian, atau antara 3,7 dan 4,1 miliar tahun lalu.

Kontradiksi antara pemodelan iklim dan catatan geologi Mars adalah paradoks matahari muda yang samar. Planet berbatu di tata surya kita yakni Bumi, Venus, Merkurius, dan Mars mengandung unsur-unsur yang menghasilkan panas melalui peluruhan radioaktif. Unsur-unsur ini termasuk uranium, kalium dan torium.

Pemanasan semacam ini akan cukup untuk melelehkan bagian bawah lapisan es yang tebal untuk menghasilkan air cair, bahkan dengan sinar matahari yang redup. Di Bumi, jenis pemanasan ini, yang disebut panas bumi, dapat dilihat di danau subglasial yang terbentuk di beberapa bagian lapisan es Antartika Barat, Arktik Kanada, dan Greenland.

Fenomena panas bumi juga menjelaskan air cair di Mars yang sangat dingin 4 miliar tahun lalu.

Para peneliti menggunakan berbagai kumpulan data untuk menguji teori mereka tentang pemanasan panas bumi di Mars miliaran tahun yang lalu. Data ini termasuk ketebalan endapan es di dataran tinggi selatan Mars dan perkiraan suhu permukaan planet serta aliran panas dari interior ke permukaan 4 miliar tahun lalu.

Melalui pemodelan, para ilmuwan menemukan bahwa mencairnya lapisan es tebal di bawah permukaan akan menyebabkan melimpahnya air tanah di Mars.

"Bahkan jika gas rumah kaca seperti karbon dioksida dan uap air dipompa ke atmosfer Mars awal dalam simulasi komputer, model iklim masih berjuang untuk mendukung Mars hangat dan basah jangka panjang," kata penulis utama studi Lujendra Ojha, asisten profesor di Departemen Ilmu Bumi dan Planet di Sekolah Seni dan Sains di Universitas Rutgers-New Brunswick, dalam sebuah pernyataan.

"Terlepas dari sifat sebenarnya dari iklim Mars kuno, permukaan bawah permukaan akan menjadi wilayah paling layak huni di Mars," tulis para penulis dalam penelitian tersebut.

Saat air menembus lebih dalam di Mars, para peneliti menyarankan, kehidupan yang masih ada mungkin mengikutinya bermil-mil di bawah permukaan.

"Pada kedalaman seperti itu, kehidupan bisa ditopang oleh aktivitas hidrotermal (pemanasan) dan reaksi batu-air," kata Ojha. "Jadi, bawah permukaan mungkin mewakili lingkungan layak huni terlama di Mars."

Ini mungkin juga terjadi di Bumi awal.

"Banyak biomassa mikroba bumi berada di dalam kerak bumi, di mana air tersedia," tulis para penulis dalam penelitian tersebut. "Keanekaragaman hayati substansial ada di seluruh volume besar lingkungan layak huni di bawah permukaan, yang dapat mencapai kedalaman (lebih dari 5 kilometer). Oleh karena itu, bawah permukaan bisa menjadi habitat paling layak untuk bentuk kehidupan sederhana kuno di awal Bumi dan mungkin Mars."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper