Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Janji Kemenkominfo Terkait dengan Pembubaran BRTI

Pembubaran BRTI merupakan bentuk efisiensi yang dilakukan pemerintah.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 30 November 2020  |  21:47 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan akan bersikap independen dalam menjadi regulator bagi industri telekomunikasi. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa dengan pembubaran Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), tugas, fungsi, dan wewenang beralih ke Kemenkominfo.

Kemenkominfo berkomitmen untuk bersikap independen dan profesional dalam menjalankan fungsi tersebut. Kemenkominfo menampik tudingan dan kekhawatiran sejumlah pihak mengenai sikap kementerian itu sebagai regulator tunggal di industri telekomunikasi.

“Sebagai regulator, pemerintah sejatinya akan bersikap independen terhadap industri, menjunjung tinggi transparansi, akuntabilitas sesuai perundang-undangan,” kata Johnny kepada Bisnis, Senin (30/11).

Dia menjelaskan bahwa pembubaran BRTI merupakan bentuk efisiensi yang dilakukan pemerintah. Perampingan lembaga-lembaga yang tugas fungsinya tumpang tindih.

Dengan merampingkan lembaga nonstruktural, menteri berharap dapat menciptakan sistem pemerintahan yang  efisien  dan efektivitas birokrasi yang optimal

“Pembubaran BRTI tidak menyalahi secara internasional karena di Indonesia tetap ada badan regulasi yang dipegang oleh negara dalam hal ini Kemenkominfo,” kata Johnny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi brti
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top