Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gara-Gara Ini, Banyak Startup Gagal Bertahan Saat Pandemi

Beberapa startup yang gagal bertahan dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19 disebabkan oleh beberapa faktor.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 26 November 2020  |  19:29 WIB
Ilustrasi startup. - olpreneur.com
Ilustrasi startup. - olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA – Chief Executive Officer (CEO) Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro menyebutkan bahwa mayoritas perusahaan rintisan (startup) gagal bertahan, khususnya saat menghadapi pandemi Covid-19.

Dia mengatakan bahwa kegagalan tersebut dikarenakan berbagai faktor, salah satunya karena tidak memiliki model bisnis yang tepat dan kemampuan adaptasi dalam menyikapi tuntutan masyarakat.

“Terlepas dari pandemi atau tidak mayoritas startup kesulitan, statistik luar negeri 95 persen gagal dan 5 persen sukses. Hal ini karena tidak dapat menjawab kebutuhan pasar atau memberikan solusi yang tidak tepat untuk pasarnya,” ujarnya dalam agenda #SmartpreneurForum dari Bisnis Indonesia, Kamis (26/11/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa perusahaan startup harus mampu menyelesaikan permasalahan masyarakat luas, sehingga mendapatkan pasar lebih besar.

Eddi melanjutkan bahwa permasalahan saat ini masih terdapat perusahaan startup yang berorientasi pada pasar lebih kecil sehingga sulit diterima pasar. Dengan potensi pasar luas tersebut maka juga menarik investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan startup tersebut.

“Kalau salah pasar itu susah baliknya. Marketnya harus tahu lower end atau high end. Kalau lower end harus berani bakar uang, adapun untuk high end buat produknya harus benar-benar bagus,” katanya.

Sekadar catatan, dia menyebutkan bahwa Mandiri Capital Indonesia telah melakukan pendanaan selama 5 tahun dengan total Rp 1 triliun pada 14 startup, seperti Gojek, Amartha, dan Mekari, dan lainnya.

Kendati demikian, dia juga menyampaikan bahwa terdapat alasan pula hanya lima persen startup yang bisa sukses dan bertahan hingga saat ini. Hal tersebut dikarenakan para pendiri yang memahami cara menangkap peluang (timing), memiliki tim yang tepat, ide, model bisnis, dan pendanaan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp Covid-19
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top