Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WhatsApp Punya Fitur Pesan Sementara, Begini Cara Menggunakannya

WhatsApp mempermudah penggunanya dengan menghadirkan pesan sementara yang sudah bisa dijajal untuk mengurangi risiko memori HP penuh.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 16 November 2020  |  13:00 WIB
Aplikasi WhatsApp - whatsapp.com
Aplikasi WhatsApp - whatsapp.com

Bisnis.com, JAKARTA – WhatsApp memperkenalkan fitur pesan sementara yang membuat memori HP kamu makin hemat. Alhasil, risiko ponsel kamu bisa berjalan lebih cepat dan anti lemot.

Sebenarnya banyak faktor yang membuat ponsel menjadi lambat atau lemot. Salah satunya adalah ketika kapasitas memori HP hampir terisi penuh oleh sejumlah aplikasi, galeri dan lain sebagainya.

WhatsApp berusaha mengurai permasalahan tersebut dengan mengeluarkan fitur pesan sementara. Pesan yang telah terkirim nantinya akan terhapus secara otomatis sejak 7 hari setelah pesan terkirim.

Untuk menggunakan fitur ini, pertama-tama pengguna harus memilih kontak chat yang akan menggunakan fitur ini. Kemudian klik dan buka kontak tersebut, lalu akan muncul tulisan pesan sementara atau disappearing messages di antara tulisan media dan enkrispsi.

Setelah itu kamu akan diminta untuk mengaktifkan fitur pesan sementara. Setelah fitur itu aktif, maka setiap pesan yang dikirim ke kontak ini – yang kamu aktifkan fitur pesan sementaranya – akan hilang dalam 7 hari.

Setelan ini tidak akan memengaruhi pesan yang dikirim atau diterima di chat sebelum fitur pesan sementara diaktifkan. Di bagian chat individual, salah seorang pengguna dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara. Di chat grup, hanya admin grup yang dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara.

Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama 7 hari, pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

“Ketika Anda membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang Anda balas adalah pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari,” tulis WhatsApp dalam keterangan yang dikutip, Senin (16/11/2020).

Jika pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.

Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi aplikasi whatsapp
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top