Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkatkan Privasi, Apple Wajibkan Aplikasi Tempel Label Nutrisi

Apple sudah secara agresif mengelola izin di dalam aplikasi, tetapi label ini bisa menjadi garis pertahanan yang lebih awal untuk melindungi privasi pengguna.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 November 2020  |  09:54 WIB
Apple wajibkan pengembang tempel
Apple wajibkan pengembang tempel "label nutrisi" untuk jaga privasi (developer.apple.com)

Bisnis.com, JAKARTA – Apple telah merilis fitur privasi saat mengumumkan iOS 14, tetapi konsep "label nutrisi" tidak muncul saat peluncuran sistem operasi terbaru itu pada September lalu.

Dilansir dari Antara, Sabtu (7/11/2020), Apple mengumumkan bahwa pengembang diminta memberikan informasi untuk "label" tersebut mulai 8 Desember mendatang.

Seperti label nutrisi normal yang mencantumkan bahan dan kandungan kalori, label privasi ini akan memberi pengguna gambaran yang lebih baik tentang apa yang terjadi di dalam aplikasi sebelum pengguna mengunduhnya di App Store iOS atau Mac App Store.

Label tersebut akan mencantumkan informasi yang telah dikumpulkan aplikasi dan ditampilkan secara visual di halaman aplikasi, layaknya melihat bagian belakang label nutrisi di produk makanan.

Pengembang juga diminta untuk mengungkapkan informasi tersebut sembari merilis dan memperbarui aplikasi. Semua informasi yang disediakan akan dilaporkan sendiri oleh pengembang yang masih menyisakan kemungkinan untuk bermain curang.

Situs pengembang Apple memperingatkan bahwa pengembang akan diwajibkan untuk mengungkapkan semua informasi yang mereka dan mitra pihak ketiga kumpulkan dan selalu memperbarui "label" mereka.

Misalnya, jika sebuah aplikasi perlu mengetahui lokasi persis pengguna, maka pengguna akan mengetahuinya bahkan sebelum mengunduhnya. Jika fungsi GPS pernah dihapus dari aplikasi, label baru tersebut harus mencantumkan hal itu. Apple memang menawarkan beberapa pengecualian jika pengungkapan label ini bersifat opsional.

Tetapi penting diketahui jika suatu aplikasi bermaksud melacak pengguna secara konsisten, pengguna akan mengetahuinya sebelum aplikasi tersebut ada di ponsel mereka.

Penyediaan informasi seperti ini merupakan cara yang lebih mudah dipahami untuk memberi tahu pengguna tentang bagaimana tepatnya ponsel mereka digunakan untuk melacak diri mereka.

Apple sudah secara agresif mengelola izin di dalam aplikasi, tetapi label ini bisa menjadi garis pertahanan yang lebih awal. Pengembang dapat mulai mengirimkan informasi aplikasinya saat ini sebelum tenggat waktu 8 Desember mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple aplikasi privasi
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top