Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Google Luncurkan Layanan VPN Terbarunya

Google hanya menyediakan layanan VPN khusus untuk pengguna ponsel berbasis Android saja melalui Google Fi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  16:24 WIB
Pengguna Chrome sebenarnya sudah dapat memblokir sendiri sejumlah iklan yang menyedot banyak daya berkat fitur
Pengguna Chrome sebenarnya sudah dapat memblokir sendiri sejumlah iklan yang menyedot banyak daya berkat fitur "Heavy Ad Intervention" yang dirilis Google untuk Chrome 80 pada awal tahun ini. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Terdapat sejumlah layanan jaringan pribadi virtual atau virtual private network (VPN) yang dapat Anda gunakan untuk membantu melindungi privasi dan keamanan data ketika berselancar di dunia maya. Kini, pilihan VPN Anda bertambah setelah Google meluncurkan layanan VPN-nya untuk penggunaan secara luas.

Melansir The Verge pada Jumat (30/10/2020), Google akhirnya meluncurkan layanan VPN yang diberi nama VPN by Google One. Diberi nama demikian lantaran layanan tersebut merupakan bagian dari layanan Google One.

Adapun sebelumnya, Google hanya menyediakan layanan VPN khusus untuk pengguna ponsel berbasis Android saja melalui Google Fi.

Sejauh ini, layanan VPN by Google One baru tersedia untuk pengguna yang berlokasi di Amerika Serikat saja. Google menyatakan pengguna yang berada di negara lainnya baru bisa mengakses layanan tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengakses layanan VPN by Google One?

Perlu dicatat bahwa layanan ini bukanlah layanan cuma-cuma. Untuk sementara, layanan ini tersedia dalam paket berlangganan Google One dengan maksimal penyimpanan Google Drive, Google Mail dan Google Photos sebesar 2TB. Pelanggan harus membayar US$ 9,99 setiap bulannya atau US$99 per tahun.

Selain VPN by Google One dan ruang penyimpanan sebesar 2TB untuk Google Drive, Google Mail dan Google Photos pelanggan juga akan mendapatkan akses Google Experts, Pro Sessions, Google Store Rewards 10 persen, dan status Gold di Google Play Points.

Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan perusahaan teknologi asal AS itu akan menjadikan layanan VPN berdiri terpisah dari Google One di kemudian hari.

VPN baru hanyalah cara terbaru yang dicoba Google untuk mempermanis penawaran penyimpanan awannya. Pada Agustus lalu, perusahaan mengumumkan akan mulai mencadangkan ponsel iOS atau Android Anda secara gratis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google aplikasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top