Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

China Realisasikan Misi Ambisius ke Bulan Tahun 2024

Negara ini berencana untuk menambah perjalanan bulannya dengan serangakaian misi baru untuk menjelajahi kutub selatan bulan dikutip dari Space Selasa (20/10/2020).
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  16:05 WIB
Planet Bulan
Planet Bulan

Bisnis.com, JAKARTA – China memiliki misi yang beroperasi di sisi jauh Bulan dan sedang bersiap untuk meluncurkan misi lain tahun ini untuk mengumpulkan sampel Bulan.

Negara ini berencana untuk menambah perjalanan bulannya dengan serangakaian misi baru untuk menjelajahi kutub selatan bulan dikutip dari Space Selasa (20/10/2020).

Lembaga Luar Angkasa China (CNSA) Eksplorasi Bulan dan Teknisi Luar Angkasa bulan lalu membuka panggilan kompetitif kepada institusi terkait untuk mengembangkan muatan lima pesawat ruang angkasa termasuk misi Chang'e 7.

Chang'e 6 merupakan misi cadangan untuk peluncuran pengembalian sampel tahun ini, dijadwalkan menuju Bulan tahun 2023 atau 2024.

Chang'e 7 akan diluncurkan tahun 2024 bertujuan ganda yaitu mendarat di kutub selatan bulan dan mempelajari wilayah tersebut dari orbit. Sementara
misi kedelapan juga sedang dilaksanakan untuk akhir dekade ini.

Pada dokumen terlampir misi kompleks ini akan terdiri dari pengorbit, satelit estafet, pendarat, penjelajah, dan pesawat terbang mini. Roket Long March 5 akan dibutuhkan untuk meluncurkan misi bermasa 8.200 kg.

Chang'e 7 adalah bagian dari misi China di bulan yang diumumkan setelah Chang'e 4 sukses mendarat di sisi jauh bulan awal 2019 lalu.

Chang'e 7 juga membuka jalan untuk Chang'e 8, pendaratan di kutub selatan bulan di akhir dekade 2020, misi ini termasuk percobaan teknologi menggunakan sumber daya lokal untuk membuat cetakan 3D.

Chang'e 6 sebagai misi cadangan untuk Chang'e 5 membawa sampel Bulan ke Bumi juga akan diterbangkan sekitar 2023 atau 2024. Jika Chang'e 5 berhasil, Chang'e 6 akan diarahkan ke kutub selatan bulan.

Bersama-sama misi tersebut akan menjadi bagian dari Stasiun Penelitian Bulan Internasional yang direncanakan, sebuah konsep proyek besar yang telah diusulkan China ke negara lain.

Amerika Serikat, Badan Antariksa Eropa, Rusia, India, dan juga Jepang merencanakan misi ke bulan dalam dekade ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china bulan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top